50 Persen ASN di Ponorogo 'Bolos' Absensi Selfie Perdana, Kemana?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Ponorogo, Winarko Arief

jatimnow.com - Sebanyak 50 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo 'bolos' absensi online selfie pada hari pertama masuk kerja di tahun 2019, Rabu (2/1/2019).

“Kalau 50 persen berarti sekitar 2500-an ASN,” sebut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Ponorogo, Winarko Arief.

Ia menjelaskan, Pemkab Ponorogo memang telah resmi menerapkan e-absensi (absensi online dengan cara selfie melalui ponsel) per tanggal 2 Januari 2019 setelah melakukan uji coba sebulan penuh pada Desember 2018 lalu.

Menurut Winarko, ada beberapa kendala yang mungkin dihadapi para ASN. “Mungkin ada ponsel mereka (ASN) yang tidak suport dengan aplikasi absensi selfie ini,” tegasnya.

Bisa juga, lanjutnya, jaringan sellular pada ponsel para ASN sedang eror. Dimungkinkan pula, ASN salah memasukkan Nomor Induk Pegawai yang dimilikinya.

Kendala lainnya yaitu tentang budaya jam kerja, sebab absensi online selfie ini dimulai pukul 6.45 wib. “Ini budaya yang cukup sulit, sebab bisa saja mereka masuk setelah jam 6.45 Wib,” tambahnya.

Namun, Winarko mengklaim secara garis besar absensi online selfie sudah berjalan dengan baik. Dan untuk koreksinya, pihaknya masih menunggu laporan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurutnya, dari 2.500-an ASN yang tidak te-record absensi online bisa jadi terlambat datang. “Apa penyebab tidak terdeteksinya para ASN dalam absensi online selfie, baru terlihat nanti jam 17.00 Wib,” pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter