Viral Video Kecelakaan Disebut di Pandaan, Polisi: Hoax

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Moch Rois

Screenshoot video kecelakaan yang menjadi viral

jatimnow.com - Sebuah video kecelakaan yang melibatkan truk dan puluhan motor menjadi perbincangan warganet. Video rekaman CCTV itu disebut terjadi di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Dalam video tersebut, tampak mobil kontainer hilang kendali dan menyeruduk puluhan pemotor yang sedang berhenti di traffic light.

Beberapa netizen mengkaitkan dengan peristiwa kecelakaan di Pandaan beberapa waktu lalu. Masyarakat pun ramai memperbincangkan video kecelakaan yang berdurasi 30 detik tersebut.

Jatimnow yang mencoba menelusuri kebenarannya pun mendapati jawaban. Ternyata video yang viral itu bukanlah peristiwa kecelakaan di Pandaan, melainkan kecelakaan di luar negri.

Hal ini dibenarkan oleh Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Marti, yang dikonfirmasi perihal video itu.

"Dari bahasanya yang terdengar dalam video itu, mestinya netizen sudah paham jika itu bukan peristiwa kecelakaan di Indonesia. Apalagi di Kecamatan Pandaan," jelas Iptu Marti, melalui sambungan seluler. Kamis (03/01/2019).

Kecelakaan di Pandaan yang berlangsung Kamis pukul 13.35 Wib itu, korbannya yang meninggal dunia dua orang. Yakni pemotor asal Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Marti mengungkapkan jika dirinya banyak mendapat telfon masuk, tatkala video hoax peristiwa laka lantas di Pandaan itu beredar di medsos.

"Hari ini di Pandaan memang ada laka lantas. Tapi bukan seperti yang terekam di video (hoax) itu," ungkapnya.

Agar peristiwa hoax tentang peristiwa kecelakaan di Pasuruan ini tidak terulang. Marti pun menyarankan kepada netizen agar tidak gegabah dalam bermedsos.

"Harus mencermati setiap kabar peristiwa di media sosial. Agar tidak termakan kabar Hoax," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter