Empat Orang Penyebar Hoaks Bank BCA Pandaan Dirampok Ditangkap

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Polisi membeberkan para penyebar hoaks perampokan di Bank BCA Pandaan Pasuruan

jatimnow.com - Insiden pecahnya kaca pada pintu Kantor Bank BCA Cabang Pandaan, Pasuruan ternyata berbuntut pada penangkapan empat orang oleh polisi. Sebab, empat orang itu menyebar hoaks dengan menyebut insiden itu merupakan perampokan.

Keempat orang itu ditangkap Satreskrim Polres Pasuruan setelah melakukan patroli siber di dunia maya atau media sosial (medsos) Facebook (FB). Dalam patroli itu, didapati viral bahwa insiden pecahnya kaca Bank BCA Cabang Pandaan adalah perampokan.

Penyebaran informasi hoaks itu berselang hanya beberapa menit setelah kejadian, yakni pukul 18.30 Wib, Rabu (9/1/2019) lalu.

"Setelah temuan itu, tim kami melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi empat penyebar hoaks," sebut Wakapolres Pasuruan, Kompol Supriyono, Jum'at (11/1/2019).

Akhirnya pada Kamis (10/1/2019) sekitar pukul 20.00 Wib, Tim Satreskrim Polres Pasuruan yang dipimpin Kasatrskrim, AKP Dewa Putu Prima Yogantara berhasil menangkap keempat penyebar hoaks itu.

Baca juga:  Kaca Pintu Kantor Bank BCA Pandaan Mendadak Pecah, Ada Apa?

Keempat pelaku itu antara lain Moh. Didik Suptiyanto (29) warga Desa Kalianyar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan; Eko Prasetyo (29) warga Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan; Abduk Makruf (42) warga Dusun Bangle, Kelurahan Gununggangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan serta Abdul Rosid (36) warga Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

"Para tersangka ini mengabarkan informasi bohong melalui medsos, jika terjadi perampokan di Bank BCA Pandaan sekira jam 18.00 wib, dengan pelaku membawa senjata api sehingga membuat masyarakat Pasuruan takut dan resah," jelas Supriyono.

Diberitakan sebelumnya, warga dikejutkan dengan ambrolnya kaca pada pintu utama Kantor Cabang Bank BCA Jalan Kartini No. 2 Jogonalan, Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Rabu (9/1/2019).

Peristiwa itu diketahui terjadi sekitar pukul 18.15 Wib. Akibat ambrol, kaca pada pintu kantor Bank BCA itu akhirnya pecah. Beruntung, tidak ada korban yang tertimpa reruntuhan pintu kaca tersebut.

Saat itu, Kanit Reskrim Polsek Pandaan, Iptu Suparlan menyebut bahwa insiden itu diduga akibat adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar ruangan sehingga kaca memuai kemudian ambrol.

Pada saat kejadian tidak aktivitas ke luar masuk kantor. Sebab bank dalam keadaan tutup palayanan. Di sana hanya ada petugas keamanan yang berjaga di dekat pintu. Suparlan juga memastikan bahwa tidak ada tindakan kesengajaan atau kekerasan atas pecahnya pintu kaca tersebut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter