Pixel Code jatimnow.com

BPBD Bersihkan Material Banjir Bandang Mojokerto

Proses pembersihan lokasi banjir bandang, Dusun Bulu, Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto
Proses pembersihan lokasi banjir bandang, Dusun Bulu, Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto

jatimnow.com - BPBD Kabupaten Mojokerto mulai melakukan pembersihan di beberapa titik yang mengalami bencana banjir bandang sejak Sabtu (19/1/2019) pagi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Mojokerto, Mochammad Zaini mengatakan pihaknya mengerahkan alat berat guna membersihkan material banjir yang menerjang pada Jumat (18/1) malam tersebut.

"Kami menerjunkan personel dan alat berat untuk membantu warga membersihkan material longsor," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto, Mochammad Zaini.

Baca juga:

Ia memaparkan, lokasi banjir bandang lebih dari satu titik. Untuk yang di Dusun Bulu, Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto pihaknya mengerahkan dua PMK BPBD Kabupaten Mojokerto untuk membantu warga membersihkan lumpur.

 Untuk di lokasi Dusun Watusari, Desa Watonmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, pihaknya meminjam alat berat (eskavator) milik PUPR Kabupaten Mojokerto untuk membersihkan material longsor.

Baca juga:
Waspada! Banjir Bandang hingga Hujan Es Berpotensi Landa 28 Daerah di Jatim

"Proses pembersihan hingga saat ini masih berlangsung di titik-titik yang terdampak semalam," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang dusun itu berasal dari Gunung Penanggungan. Banjir menerjang membawa meterial mulai dari lumpur, batu dan kayu.

Banjir terjadi sekitar pukul 17.50 Wib setelah hujan deras mengguyur wilayah itu dimulai pukul 17.30 Wib.

Baca juga:
Tanggul Sungai Klampok Jebol, 4 Dusun di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang