jatimnow.com

Bupati Emil Soal Wakilnya yang 'Hilang': Saya Punya Komunikasi Batin

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Bupati Trenggalek Emil Dardak 🔍
Bupati Trenggalek Emil Dardak

jatimnow.com - Bupati Trenggalek Emil Dardak tengah berpolemik dengan wakilnya, M Nur Arifin atau Cak Ipin. Inilah wawancara wartawan dengan Bupati Emil pada Senin (21/1/2019).  Rekaman wawancara ini dikirim Humas Trenggalek, Selasa (22/1/2019).

Media menyoroti hubungan kedua pemimpin yang masih muda ini tidak harmonis. Puncaknya mencuat ketika Cak Ipin disebut membolos dari tugasnya tanpa izin. Di media, Bupati Emil mengamini itu.

Berikut wawancara dengan Bupati Emil:

Apakah (kepergian Wabup) tidak ada izin ke Pak Bupati?

Loading...

Saya punya komunikasi batin, saya yakin beliau berjuang untuk Trenggalek dalam setiap langkahnya.

Terakhir komunikasi kapan?

Kita sempat Rapat di sini, terus kunjungan Pak Presiden. Tentunya kita saling menghormati. Bahwa kita melaksanakan tugas. Secara prosedual meamng tentunya kami harusnya dikabari. Tapi kami yakin gerak langkah beliau untuk Trenggalek.

Apakah mengajukan cuti?

Tidak ada cuti, tidak ada izin.

Kelihatannya Komunikasi kok kurang berjalan lancar?

Lancar kok, lancar.  Waktu koordinasi presiden ya. Waktu kami menyepakati APBD, bahkan dalam proses seleksi sekda, kami selalu berkomunikasi melalui telepon, karena bisa bertemu langsung juga.

Apel PNS 2 Januari tapi beliau berhalangan, di situ sebenarnya moment yang sudah kami rancang untuk bisa menyampaikan kepada seluruh pegawai bahwa moment-moment terakhir saya sebagai bupati menjelang (Insyaallah) pelantikan sebagai wakil gubernur, kami ingin mulai menempatkan beliau yang di depan, agar nanti transisi pemerintahan ini berjalan lancar.

Komunikasi kan seharusnya lebih intensif. Dengan kondisi seperti ini apakah tidak akan mengganggu transisi?

Ya, saya meyakini sekali lagi bahwa kita punya sistem pemerintahan yang benar-benar mateng. Bukan karena kepala daerahnya semata, bahkan lebih dominan karena birokrasinya sudah berjalan dengan baik, sistem ada sehunbgga apapun yang kita lakukan menyikapi segala fenomena apapapun dengan peraturan perundang-undangan dan akan berjalan dengan lancar demi masyarakat Trenggalek.

Apakah ada persoalan antara Bapak dengan Pak Wabup?

Tidak ada, nggak boleh ada. Pak Wabup kami berikan tanggungjawab besar untuk berangkat ke Amerika, dan sekarang menjadi leading untuk pendampingan. Beliau baru ke Singapura juga kami minta bangun komunikasi strategis dengan sebuah lembaga yang sangat strategis d Singapura.

Beliau juga tentunya sangat kami libatkan dalam proses pengisian jabatan. Tidak ada yang tanpa (bukan hanya sepengetahuan, tapi pertimbangan) beliau. Jadi saya bisa jawab dengan pasti, bahwa dari pihak kami, tentunya sangat mengangap bahwa beliau merupakan elemen yang sangat penting untuk pembangunan di Trenggalek.