Romo Benny: Hoaks Menghancurkan Persatuan dan Masa Depan Bangsa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Rohaniawan Benny Susetyo atau akrab disapa Romo Benny

jatimnow.com - Rohaniawan Benny Susetyo atau akrab disapa Romo Benny berbicara soal serangan hoaks di tahun politik seperti saat ini, Selasa (29/1/2019) di Banyuwangi.

Romo Benny menjelaskan bahwa hoaks kerap dijadikan sebagai alat propaganda untuk melemahkan elektabilitas lawan politik.

"Kita optimis pilpres damai. Memang instrument hoaks lagi dikembangkan. Hoaks ini menjadi alat propaganda. Hoaks terjadi bila lawan politik lebih unggul," ujar Romo Benny.

Strategi seperti itu, lanjutnya, tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga disebar secara masif menjelang pemilu di Amerika dan Brazil.

Menurutnya, untuk menangkal hoaks, setiap individu harus melawannya. Dirinya berpendapat, setiap manusia dewasa harus menjadi pemutus kata.

Menangkal hoaks juga dapat dilakukan dengan budaya kritis. Kalau mendapat berita boombastis jangan dishare tetapi langsung dihapus. Selain itu, setiap masyarakat juga harus sadar dan mengingatkan para tokoh di Indonesia ini.

"Peng-iya kata itu tidak cek berita, tidak lihat konten, tidak lihat betul salah, tidak membandingkan tapi langsung menyebarkan," tegasnya.

Pria yang lahir di Kota Malang Jawa Timur itu menambahkan, apa yang dikatakan oleh seseorang yang memiliki kekuasaan dan pengaruh dalam suatu kelompok akan dipercaya (patron). Hal ini kata dia yang menjadi tantangan bagi masyarakat di Indonesia.

"Patron di Indonesia ini politis, kalau yang bilang tokoh langsung dipercaya," ungkapnya.

Romo Benny menegaskan jika hoaks dapat menjadi penghancur terhadap kemanusiaan serta masa depan bangsa. Sebab seseorang akan digiring opini yang salah, sehingga tidak akan menghasilkan pemimpin berkualitas.

"Hoaks itu menghancurkan persatuan bangsa dan menghancurkan masa depan bangsa," paparnya.

Masih kata Romo Benny, pelaku hoaks merupakan penghina Tuhan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusian. Beruntung, di negeri ini masih memiliki benteng yang sangat kuat yaitu Pancasila.

"Pancasila mengedepankan kemanusiaan, sementara hoaks menghancurkan kemanusiaan," tandas Romo Benny.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter