Gubernur, Pangdam dan Kapolda Terima Penghargaan dari PWI Jawa Timur

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Timur dan HUT ke 72 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di gedung negara Grahadi, Surabaya.

jatimnow.com - Tiga tokoh penting di Jawa Timur ini, mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendapatkan penghargaan Anugerah Prapanca Agung. Sedangkan duet TNI dan Polri, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin sama-sama mendapatkan Special Award dari PWI Jatim.

"Anugerah ini sangat layak untuk Pakde Karwo (sapaan akrab Gubernur Jatim). Berkat kinerjanya selama memimpin, Jawa Timur menjadi provinsi yang sangat maju dan luar biasa," kata Ketua PWI Jatim Akhmad Munir saat memberikan sambutan di Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Timur 2018 dan HUT ke 72 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di gedung negara Grahadi, Surabaya, Kamis (29/3/2018) malam.

Anugerah Prapanca Agung katanya, tidak sembarang orang dapat menerimanya, karena hanya akan diberikan kepada tokoh-tokoh nasional yang benar-benar berprestasi luar biasa dan memiliki kategori sebagai putra terbaik bangsa.

"Pakde Karwo pantas menerimanya karena prestasi dan tidak ada yang meragukan integritasnya sebagai putra terbaik bangsa," tuturnya.

PWI Jatim juga menganugerahkan Special Award kepada Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Keamanan di tahun politik mampu diredam oleh Irjen Pol Machfud Arifin dan Mayjen TNI Arif Rahman dengan berbagai cara, seperti bertemu para tokoh politik, ulama dan tokoh masyarakat serta komunitas, menjadi andalan meredam potensi konflik di Jatim.

Kedua petinggi keamanan di Jawa Timur ini juga dinilai mau menemui masyarakat bawah. Dan berbagai kegiatan sosial ke masyarakat, membangun jiwa patriot dan bela negara melalu program satu sekolah satu TNI.

Membantu menjadi perekat kebhinekaan serta melayani dan mengayomi masyarakat dengan membangun kedekatan polisi dan masyarakat. Pelayanan kepolisian hingga masuk ke kampung-kampung, menunjukkan komitmen besar dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PWI Jawa Timur yang telah memberikan penghargaan spesial buat kepada saya, pada Kodam V Brawijaya," ujar Pangdam saat memberikan sambutan.

"Hari ini merupakan suatau kehormatan, kebanggaan sekaligus amanah dan kepercayaan, dan secara tidak langsung merupakan perintah kepada Kodam V Brawijaya untuk selau membangun komunikasi yang baik dengan insan pers dan tentunya untuk melaksanakan tugas secara lebih profesional," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim mengaku terkejut dengan penghargaan Special Award dari PWI Jatim.

"Sebetulnya kami agak kaget dengan spesialnya tadi. Saya tanya ke pak pangdam, spesialnya pakai telor atau pakai apa pak pangdam, semua spesial," kata Irjen Pol Machfud Arifin yang disambut geer para undangan.

Ia mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut dan akan menjadikannya sesuai tema acara Puncak Peringatan HPN dan HUT ke 72 PWI 'Profesional untuk masyarakat rasional'.

"Terima kasih, ini membuat motivasi kami untuk bisa menjaga, karena keamanan ini milik kita bersama bukan semata tanggungjawab panglima kodam dan kapolda, tapi semua stakeholder," tuturnya.

"Penghargaan ini menjadi motivasi kami Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya untuk menjaga keamanan yang lebih aman dan kondusif," terangnya.

Pada puncak acara tersebut, PWI Jatim juga memberikan penghargaan kepada Ketua KPU RI Arief Budiman sebagai tokoh nasional bidang politik dan pemerintahan.

Untuk tokoh nasional bidang bisnis, penghargaan diberikan kepada Managing Director Mataram Paint Freddy Pangkey dan praktisi pers nasional Parni Hadi.

Sedangkan, untuk tokoh daerah bidang pemerintahan penghargaan diberikan kepada Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi. Tokoh daerah bidang seni dan budaya kepada Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni. Tokoh daerah bidang pengembangan UMKM dan koperasi kepada Sri Untari Bisowarno.

Kemudian, tokoh daerah bidang pengembangan usaha penghargaan diberikan kepada Ketua Kadin Surabaya Jamhadi. Tokoh daerah bidang seni dan budaya kepada seniman Surabaya, Meimura.

Serta Anugerah Piala Prapanca 2018 karya jurnalistik tulis, foto, televisi dan radio, yakni Agnes Swetta Pandia dari Harian Kompas (kategori tulis), Akhmad Khusaini dari Jawa Pos (kategori foto), Net TV (kategori televisi) dan Yunita Habsari dari Radio Mayangkara Blitar (kategori radio).

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter