Ini Kronologi Kecelakaan 2 Truk Penyebab Tol Sidoarjo-Porong Tertutup

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Polisi evakuasi kecelakaan di tol

jatimnow.com - Peristiwa kecelakaan di Tol Sidoarjo arah Porong melibatkan truk kontainer bernopol L 8275 UK yang di kemudikan oleh Tutut Utomi (46) warga Kediri dan truk gandeng warna coklat bernopol N 8053 US yang di kemudikan oleh Sudi Arianto (52) warga asal Probolinggo.

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang S Wibowo mengatakan kronologi kecelakaan tersebut berawal dari truk kontainer yang melaju dari Sidoarjo arah Porong mengalami kerusakan di bagian rem. Setibanya di KM 29 kedua ban belakang truk tersebut tidak bisa berputar.

"Kedua ban belakang dari truk Tractor Head tidak bisa berputar, bersamaan dengan kejadian itu truk gandeng yang bergerak dibelakang ya berupaya menghindari tabrakan dengan cara membanting kemudi ke kanan untuk berpindah lajur kanan," kata Bambang kepada jatimnow.com, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: 


Saat berupaya menghindar, di lajur kanan terdapat kendaraan kecil sehingga truk gandeng bermuatan pupuk tersebut membanting setirnya kembali ke kiri dan akhirnya menabrak truk mengenai bagian kanan kontainer.

"Saat menabrak mengenai kontainer dan kait penguncinya lepas sehingga boks kontainer terpental masuk ke sungai," lanjutnya.

Kecelakaan truk terguling di Jalan Tol Sidoarjo arah Porong yang menumpahkan muatan pupuk dari PT Petrokimia Gresik dibawa Ke Probolinggo. Bahkan kontainer yang ditabrak sampai terjatuh ke dalam parit.

Kecelakaan tersebut diduga penyebab terkuncinya rem kendaraan lantaran kendala teknis kebocoran oli dari komponen rem pada kendaraan.

"Analisa petugas sementara, penyebab terkuncinya rem kendaraan karena kendala teknis kebocoran oli dari komponen rem kendaraan," kata AKBP Bambang.

Kondisi kendaraan yang melintang dan tumpahnya muatan menyebabkan kemacetan tol ke arah porong.

"Petugas melakukan rekayasa lantas dengan mengalihkan kendaraan yang terlanjur masuk jalur waru porong dialihkan ke Sidoarjo I," ujarnya.

Sementara itu, proses evakuasi yang dilakukan oleh Tim Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim bersama petugas jalan tol berlangsung sekitar 45 menit dan telah dinyatakan kembali normal.

"Arus saat ini telah kembali normal. Dalam kecelakaan ini tidak terdapat korban luka maupun jiwa. Selanjutnya kendaraan di bawa ke pull derek satelit," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter