Modal Ganteng, Pemuda ini Tipu Mantan TKW Puluhan Juta

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Barang bukti yang disita petugas.

jatimnow.com - Merasa punya modal wajah sedikit ganteng, Idris (34), pemuda asal Kabupaten Serang, Banten ini, berhasil menipu sejumlah wanita.

Alhasil, uang puluhan juta pun berhasil diraupnya, hanya dengan modus berkenalan di dunia maya.

Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto menyatakan, pemuda itu sengaja membuat akun facebook palsu. Ia menginvite semua facebook wanita-wanita di dunia maya.

Rupanya, ada satu yang terjebak, Hartatik (34), warga Desa Pondok, Kecamatan Bahasan, Kabupaten Ponorogo, yang juga mantan seorang tenaga kerja wanita (TKW).

"Rentan waktu Mei sampai November antara pelaku dan korban melakukan komunikasi melalui facebook dan handphone. Pelaku dengan mudahnya meminta sejumlah uang dengan segala bujuk rayunya," katanya, Sabtu (31/3/2018).

Tersangka Idris

Tidak hanya itu, lanjut ia, pelaku berdalih juga mengaku mempunyai usaha. Ia pun meminta modal kepada korban, untuk membangun kantornya.

"Setelah mengirim uang dengan jumlah total Rp 94.000.000 pelaku malah menghilang. Korban baru ngeh jika ditipu mentah-mentah," katanya

Dengan sedikit jebakan, lanjut ia, pelaku datang ke Ponorogo. Tepatnya di rumah makan pecel, selatan terminal. "Langsung kami ringkus saat enak-enak makan pecel," terangnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan, dompet berisi uang tunai Rp 300.000, KTP, ATM BNI dan BCA serta handphone yang sering digunakan menipu.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter