Gubernur Jatim Soekarwo Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UNBK

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Gubernur Jawa Timur Soekarwo memantau pelaksanaan UNBK di SMK N 2 Surabaya.

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK hari pertama yang di SMK Negeri 2 Surabaya, Senin (2/4/2018).

Dalam kunjungan itu, Gubernur Soekarwo datang ke sekolah yang berada di Jalan Tentara Genie Pelajar No.26, Surabaya pukul 7:30 WIB .

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Provinsi Jatim Saiful Rachman, Soekarwo langsung memantau ruang kontrol CCTV.

Soekarwo mengatakan, kedepan UNBK di Jatim tidak akan memakai kamera pemantau lagi, karena menurut Soekarwo dunia pendidikan itu ruang berkreativitas.

"Meski UNBK itu bukan sebagai syarat kelulusan, tapi dalam hal ini untuk melatih kejujuran, pendidikan itu bukan sesuatu yang pasti seperti hukum jadi dibutuhkan kreativitas yang tinggi," tutur Soekarwo.

Soekarwo berpesan meski UNBK bukan lagi menjadi penentu kelulusan, para siswa diwanti-wanti untuk tidak meremehkan ujian tersebut karena sejumlah alasan kuat.

"Mungkin nilainya nanti digunakan untuk masuk ke jenjang pendidikan diatasnya, jadi saya harap para siswa harus mengerjakan UNBK dengan sungguh-sungguh," himbaunya.

Sementara itu, Jatim Saiful Rachman menambahkan hasil UN itu untuk melihat capaian hasil belajar siswa. Tetapi siswa, masih membutuhkan nilai UN untuk berbagai kebutuhan.

“Misalnya untuk mendaftar ke perguruan tinggi maupun sekolah kedinasan. Seperti Akpol dan Akmil, keduanya masih menggunakan nilai UN ” tutur Saiful dikonfirmasi.

Hasil UN nilai otentik dari apa yang telah dikerjakan siswa. Sebab dari segi integritas, UN yang dilaksanakan di Jatim dipastikan terjaga.

“Karena kita seratur persen menggunakan UNBK. Baik SMA, MA maupun SMK,” tandasnya.

Disinggung terkait kesiapan, Saiful menjelaskan, seluruh sekolah penyelenggara sudah cukup matang mempersiapkannya. Kendati sempat muncul kendala di awal sinkronisasi pada H-2 UNBK, namun masalah dapat cepat teratasi.

“Proses sinkronisasi dipastikan selesai sampai malam hari ini (kemarin). Awal-awal sinkronisasi server pusat sempat mengalami kendala tapi sekarang sudah lancar,” pungkas Saiful.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter