jatimnow.com

Komplotan Pencuri Truk di Kediri ini Bius Korban dengan Nasi Padang

Editor : Arif Ardianto Reporter : Bramanta Pamungkas
Para tersangka pencuri truk saat di Mapolres Kediri 🔍
Para tersangka pencuri truk saat di Mapolres Kediri

jatimnow.com - Polisi meringkus komplotan pencuri truk di Kediri. Cara kerja komplotan ini cukup unik, yakni dengan memberikan obat bius pada makanan kepada korbannya.

Satreskrim Polres Kediri menangkap Nurul (30), Gatot hariyanto (46), Andreas Adi Prasetyo (38), keduanya warga Semarang, Jawa Tengah, Sarip (53) warga Mojokerto dan Topik (53) warga Surabaya.

Pada aksi terakhirnya, komplotan ini mencampuri nasi padang yang diberikan ke supir truk dengan obat bius.

Kapolres Kediri, AKBP Roni Faisal menuturkan, awalnya komplotan ini menyewa kendaraan truk milik korban di Mojokerto. Mereka menyewa dengan alasan untuk mengangkut barang dari Pare menuju Kediri Kota.

Setelah disepakati harganya, tersangka memberikan bungkusan nasi padang yang sudah dicampuri dengan obat bius kepada korban.

"Obat biusnya berupa tablet yang dihancurkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam nasi padang," ujarnya, Rabu (6/3/2019).

Setelah pelaku tertidur, mereka kemudian mengambil alih kemudi truk. Korban kemudian diturunkan di sebuah warung area hutan jati di wilayah Caruban, Madiun.

Truk ini lalu dibawa kabur ke arah Semarang dan dijual ke seorang penadah. Dari hasil penjualan ini mereka mendapatkan uang sebesar Rp 31,5 juta. Uang tersebut dibagi kepada seluruh anggota komplotan. Mereka rata rata mendapat antara Rp 1-3 juta.

"Ketua komplotan Nurul mendapat bagian paling besar, sisanya mereka gunakan untuk berfoya-foya," imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan polisi, komplotan ini mengaku nekat mencuri truk karena terhimpit kebutuhan sehari hari. Mereka dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara empat tahun.

"Untuk truk nya kita kembalikan langsung kepada korban," pungkasnya.

Loading...