Pixel Codejatimnow.com

Awas! Plengsengan Jembatan Ngujang Tulungagung Ambrol

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Bramanta Pamungkas
Penampakan plengsengan Jembatan Ngujang Tulungagung yang ambrol
Penampakan plengsengan Jembatan Ngujang Tulungagung yang ambrol

jatimnow.com - Plengsengan Jembatan Ngujang Kabupaten Tulungagung ambrol diduga akibat saluran pembuangan air di bawah jembatan di sisi selatan. 

Informasi yang didapat jatimnow.com menyebut, plengsengan jembatan itu ambrol sejak sepekan lalu. Meskipun begitu, jembatan penghubung jalur utama beberapa daerah tersebut dinyatakan aman untuk dilewati.

Plt Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tulungagung, Farid menyatakan, meskipun plengsengan tersebut ambrol, tapi tidak mengganggu struktur jembatan. Namun jika tidak segera dibenahi, dikhawatirkan akan berimbas ke oprit jembatan atau timbunan tanah atau urugan di belakang abutment yang dibuat sepadat mungkin untuk menghindari penurunan.

"Oprit jembatan bisa ambles dan menggangu pengguna jalan. Namun untuk struktur utama jembatan tidak berpengaruh," ujarnya, Jumat (08/03/2019).

Baca juga:
Inilah 19 Wajah Baru yang Akan Duduk di Kursi DPRD Tulungagung

Sementara itu, plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengaku sudah melihat kondisi plengsengan jembatan yang ambrol itu. Pemkab sudah memberikan rekomendasi kepada Balai Besar Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Nasional serta Balai Besar Wilayah Sungai Brantas untuk segera dilakukan perbaikan.

"Kami berharap bisa segera diperbaiki karena khawatir kerusakan akan merembet ke bagian yang lain," tuturnya.

Baca juga:
4 Pasien DBD di Tulungagung Meninggal Selama Januari - Februari

Jembatan Ngujang merupakan akses utama keluar dan masuk Tulungagung. Meskipun sudah dibangun Jembatan Ngujang dua, tapi masih banyak masyarakat yang memilih melewati jembatan ini.

"Jika jembatan ini roboh, bisa dipastikan seluruh aktivitas dan roda perekonomian masyarakat akan terganggu," pungkasnya.

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.