Awas! Plengsengan Jembatan Ngujang Tulungagung Ambrol

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Penampakan plengsengan Jembatan Ngujang Tulungagung yang ambrol

jatimnow.com - Plengsengan Jembatan Ngujang Kabupaten Tulungagung ambrol diduga akibat saluran pembuangan air di bawah jembatan di sisi selatan. 

Informasi yang didapat jatimnow.com menyebut, plengsengan jembatan itu ambrol sejak sepekan lalu. Meskipun begitu, jembatan penghubung jalur utama beberapa daerah tersebut dinyatakan aman untuk dilewati.

Plt Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tulungagung, Farid menyatakan, meskipun plengsengan tersebut ambrol, tapi tidak mengganggu struktur jembatan. Namun jika tidak segera dibenahi, dikhawatirkan akan berimbas ke oprit jembatan atau timbunan tanah atau urugan di belakang abutment yang dibuat sepadat mungkin untuk menghindari penurunan.

"Oprit jembatan bisa ambles dan menggangu pengguna jalan. Namun untuk struktur utama jembatan tidak berpengaruh," ujarnya, Jumat (08/03/2019).

Sementara itu, plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengaku sudah melihat kondisi plengsengan jembatan yang ambrol itu. Pemkab sudah memberikan rekomendasi kepada Balai Besar Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Nasional serta Balai Besar Wilayah Sungai Brantas untuk segera dilakukan perbaikan.

"Kami berharap bisa segera diperbaiki karena khawatir kerusakan akan merembet ke bagian yang lain," tuturnya.

Jembatan Ngujang merupakan akses utama keluar dan masuk Tulungagung. Meskipun sudah dibangun Jembatan Ngujang dua, tapi masih banyak masyarakat yang memilih melewati jembatan ini.

"Jika jembatan ini roboh, bisa dipastikan seluruh aktivitas dan roda perekonomian masyarakat akan terganggu," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter