Jembatan Suramadu Akan Ditutup, Ingat Hari dan Tanggalnya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Pengumunan penutupan Jembatan Suramadu oleh Polda Jatim

jatimnow.com - Polda Jatim akan menyelenggarakan puncak acara Millennial Road Safety Festival (MRSF) di Jembatan Suramadu Minggu (17/3/2019). Acara yang akan berlangsung selama 6 jam tersebut bakal menutup sementara arus lalu lintas dari Surabaya-Madura dan sebaliknya.

Pada Minggu (17/3/2019) nanti, acara MRSF akan berlangsung mulai sejak pukul 05.00 hingga 11.00 Wib.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera mengatakan, Jembatan Suramadu dipilih sebagai venue acara untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Pasalnya, acara ini merupakan acara yang besar, salah satunya pemecahan rekor muri menari di atas seribu perahu kapal.

"Pemecahan rekor muri nanti ada di sana, banyak hal nanti yang akan kita persembahkan untuk Jawa Timur, ada nanti menari di seribu perahu kapal, kemudian jump, ada lagi kegiatan yang kita sampaikan kepada masyarakat," jelas Barung, Senin (11/3/2019).

Selain itu, lanjut Barung dalam festival tersebut juga akan diisi dengan artis-artis menarik lainnya. Untuk itu Barung mengimbau kepada para anak-anak muda untuk bisa hadir dalam MRSF tersebut.

"Ada Via Vallen, artis-artis untuk kita menarik masyarakat supaya datang melihat bahwa ada pesan-pesan saat di jalan raya, nanti bisa sampai ke tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Fatah Jasin mengatakan saat penutupan Jembatan Suramadu, arus lalu lintas akan dialihkan ke Pelabuhan Ujung di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Penutupan Suramadu itu karena ada kegiatan dari pusat yang dikoordinir oleh Polda Jatim, ada Ditlantas, ada Kementerian Perhubungan yang memanfaatkan Suramadu sebagai tempat Millennial Road Safety Festival," bebernya.

Untuk itu, Dishub Jatim bakal menambah armada kapal untuk mengangkut penumpang di baik di Pelabuhan Ujung maupun Pelabuhan Kamal saat acara berlangsung.

"Rakayasa lalu-lintasnya sudah pernah dibicarakan yaitu pertama pasti ada penambahan kapal untuk penyeberangan yang selama ini hanya dilayani oleh 4 atau 6 kapal. Itu harus ditambah karena harus menggunakan kapal untuk menyeberang pada saat acara di Suramadu dimulai. Tetapi pada saat sudah selesai, akses akan dibuka kembali," paparnya.

Saat ditanya soal berapa jumlah total yang akan ditambahkan, Fatah belum bisa membeberkannya, karena masih melakukan koordinasi dengan gabungan pengusaha kapal yang siap untuk mengakomodir.

"Ini masih koordinasi dengan gabungan pengusaha kapal yang siap untuk mengakomodir kapalnya, kita akan berikan slot di penyeberangan," sambungnya.

Fatah menambahkan, penyeberangan pada hari itu akan digratiskan hingga acara festival selesai digelar.

"Hanya pagi hari. Karena di perumahan Kamal itu banyak yang bekerja di wilayah Surabaya Barat seperti Perak dan sekitarnya. Tapi belum detail. Karena rapat kemarin hanya membahas penambahan jumlah kapal untuk antisipasi penutupan. Nanti baru akan saya monitor karena siapa yang akan membiayai karena kapal juga mempunyai perusahaan," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter