Pixel Code jatimnow.com

Dukung Jokowi, Ponpes Lirboyo Digoda Maklumat Palsu

Maklumat palsu yang beredar
Maklumat palsu yang beredar

jatimnow.com - Maklumat Masyayikh yang dikeluarkan Ponpes Lirboyo, Kota Kediri jelang pelaksanaan Pemilu 2019 dipalsukan. Maklumat dukungan kepada capres dan cawapres palsu ini beredar diunggah akun bernama Arief Wicaksono di media sosial.

Pada poin ketiga maklumat ini diubah ajakan kepada alumni dan santri untuk memilih pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Sandiaga. Sedangkan di dalam naskah maklumat yang asli, para masyayikh Ponpes Lirboyo mengajak alumni dan santri memilih paslon nomor urut 1, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Santri Lirboyo, KH Abdullah Kafabihi Mahrus tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Menurutnya kebenaran tetap akan benar dan kepalsuan tersebut akan pudar dengan sendirinya.

Arief Wicaksono sendiri sudah datang kepada Dzurriyah Keluarga Besar Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo untuk meminta maaf dan mengklarifikasi kejadian tersebut. Arief juga telah membuat surat pernyataan dengan disaksikan lima orang perwakilan keluarga Pondok Pesantren Lirboyo.

"Jadi yang diunggah oleh akun tersebut maklumat palsu. Biarkan saja nanti kan tahu sendiri, becik ketitik ala ketara," katanya, Kamis (14/03/2019).

Baca juga: Ponpes Lirboyo Keluarkan Maklumat Pilih Jokowi-KH Ma'ruf Amin

Terkait maklumat mendukung 01 tersebut, KH Abdullah Kafabihi menegaskan ingin adanya keseragaman, sehingga tidak menimbulkan gesekan antar santri. Maklumat ini dikeluarkan berdasarkan hasil musyawarah dan ikhtiar para masyayikh.

"Maklumat tersebut ikhtiar kami dari keluarga Lirboyo yang diperuntukkan khususnya untuk santri dan alumni yang mempunyai hak pilih. Ini hak kami mengarahkan santri agar tak carut marut," ujarnya.

Baca juga:
Ditarget Mas Dhito, Pemdes di Kediri Berbondong-bondong Lapor Verifikasi BLT BBM

Selama ini sosok Jokowi dinilai teruji dengan program yang baik serta pembangunan. Selain itu keberadaan KH Ma'ruf Amin yang berasal dari kalangan Kyai Nahdatul Ulama juga menjadi pertimbangan para masyayikh memutuskan angkah tersebut.

"Bapak Jokowi ini kan sudah teruji pemerintahannya, pembangunan baik. Ada kelompok yang menilai Pak Jokowi dari tidak baiknya saja, tapi baiknya tidak dinilai ini kan tidak adil," pungkasnya.

Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, sebelumnya mengeluarkan maklumat dukungan padw Pemilu 2019.

Maklumat ini terdapat tiga poin, yakni mengajak seluruh santri dan alumni untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu, menciptakan pemilu aman, damai dan beradab, serta memilih pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin.

Baca juga:
Gagal Dijebak, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Permukiman Warga

Maklumat ini ditandatangani oleh Pengasuh Ponpes Lirboyo, KH M Anwar Manshur dan Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Santri Lirboyo, KH Abdullah Kafabih Mahrus. Maklumat ini dikeluarkan Selasa (12/3/2019).