Ponpes di Malang Bantah Isu Terima Uang dari Warga Eksodus Kiamat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Avirista Midaada

Pengasuh Ponpes Dusun Pulosari, Kasembon tiga dari kiri

jatimnow.com - Santer beredar isu bahwa uang hasil penjualan aset jemaah diberikan kepada salah satu ulama di pondok peantren (Ponpes) di Dusun Pulosari, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Menyikapi hal ini, pengasuh Ponpes Miftahul Falahil Muhtadin membantah.

Pengasuh Ponpes Miftahul Falahil Muhtadin, KH. Muhammad Romli membantah adanya informasi yang beredar luas di masyarakat di salah satu daerah di Jawa Timur.

"Kalau dikatakan menjual aset diberikan ke Kiai itu sangat kejam sekali. Itu tidak benar sekali," ujar pria yang disapa Gus Romli, saat memberikan klarifikasi di Polres Batu, Rabu malam (13/3/2019).

Gus Romli mengaku tidak mengetahui terkait penjualan aset yang dilakukan oleh para jemaah di salah satu wilayah untuk bergabung di Ponpesnya.

"Menyongsong meteor yang jadi 10 dari tanda besar kiamat artinya kita ini diperintahkan Alquran dalam QS Al Furqan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup," terangnya.

Namun Gus Romli mengungkapkan sebenarnya tak ada permasalahan di awal penyelenggaraan kajian tahun pertama dan kedua. Di tahun ketiga, karena semakin ramai dan banyak jemaah, maka panitia membentuk panitia untuk para santri yang ingin bergabung.

"Jadi mereka yang gabung itu harus bawa perbekalan masing-masing untuk program triwulanan ini sejak bulan Rajab, Sya'ban, dan Ramadan untuk menyongsong meteor. Kalau setelah Ramadan tidak terjadi apa-apa, mereka bawa pulang lagi," jelasnya.

Gus Romli menegaskan, semuanya itu untuk mengantisipasi bilamana meteor benar-benar datang di Ramadan sesuai dengan pemahaman Tarekat Akmaliyah yang ia anut berdasarkan tafsir Alquran dan Hadist.

Sebagaimana informasi di media sosial, beredar kabar adanya penjualan aset beberapa warga di salah satu daerah di Jawa Timur untuk diberikan kepada salah satu Ponpes di Dusun Pulosari, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, yang diidentikkan dengan Ponpes Miftahu Falahil Mubtadiin.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter