Belasan Relawan Bergabung Gali Temuan Situs Kuno di Proyek Tol Malang

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Avirista Midaada

Suasana penggalian temuan situs kuno di Malang

jatimnow.com - Ekskavasi atau penggalian temuan situs kuno di proyek Tol yang berada di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, terus dilakukan dan meluas.

Bahkan untuk mempercepat proses ekskavasi tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dibantu oleh beberapa relawan dari berbagai komunitas dan warga sekitar situs kuno.

Ketua Tim Ekskavasi, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, setidaknya ada 4 komunitas yang menawarkan diri menjadi relawan untuk membantu proses ekskavasi.

"Penggalian hari ke-6 ini dibantu berbagai relawan di Malang, ada Komunitas Mbah Sinto, Komunitas Jelajah Jejak Malang, Komunitas Spiritual Malang, dan Komunitas Pemerhati Topeng Malang. Yang hari ini datang ke lokasi untuk membantu kegiatan ekskavasi," terang Wicaksono saat dikonfirmasi, Senin (18/3/2019).

Para relawan ini, oleh tim BPCB diposisikan untuk membersihkan lapisan tanah yang menutupi batu bata dengan pendampingan langsung dari tim arkeolog dari BPCB.



Kehadiran relawan menurut pria yang akrab disapa Wicak ini cukup membantu mengingat waktu bangunan yang diekskavasi cukup besar.

"Pada prinsipnya kami terbuka terhadap siapapun masyarakat yang ingin membantu kegiatan ekskavasi ini. Tentunya nanti kami bisa mengarahkan bagaimana mereka bisa membantu," bebernya.

Sementara itu salah seorang relawan dari warga sekitar, Muhammad Arifin menyatakan dirinya bersama warga lainnya turut bergabung membantu BPCB supaya mempercepat proses ekskavasi.

"Supaya penggalian ini cepat selesai karena juga kelihatannya bangunannya luas," ucap pria yang juga ketua RT 15 Desa Sekarpuro ini.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter