Kanwil Kemenkumham Jatim Pamerkan Karya Warga Binaan di Galeri Seni

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Budi Sugiharto

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati tunjukkan berbagai kerajinan WBP

jatimnow.com - Beragam hasil karya warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jawa Timur dipamerkan di Kanwil Kemenkumham Jatim.

Galeri seni hasil karya WBP tersebut dipajang di salah satu sudut kantor yang berada di Jalan Kayon ini. Masyarakat yang masuk akan melihat kerajinan yang dipamerkan seperti topeng, batik, sepatu kulit, miniatur kapal, rajutan hingga sambel klotok.

"Saya ingin kantor memiliki suasana yang enak, nyaman dan informatif," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati, Senin (18/3/2019).

Dia berujar jika sebenarnya rencana menata kantor ini sudah lama. Namun, baru bisa terealisasi belakangan ini.

"Harapannya, siapa saja yang masuk ke kantor ini tidak merasa seram, rileks dan mendapat informasi terkait hasil karya WBP," katanya.

Susy menjabarkan ada ratusan produk WBP yang tersebar di 39 Lapas/ Rutan se-Jatim. Mayoritas memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Selama ini produk-produk itu tidak dipasarkan dengan baik. Melalui galeri ini, Susy berharap bisa jadi salah satu media untuk menginformasikan sekaligus memasarkan produk tersebut.

"Tidak hanya boleh dilihat, tapi juga boleh dibeli. Silahkan bagi yang berminat membeli. Uangnya sebagian kembali ke negara dan untuk meningkatkan pembinaan," katanya.

Sayangnya, ruangan yang ada belum bisa menampung semua produk WBP yang ada. Saat ini, yang dipamerkan baru produk unggulan saja. Untuk itu, nantinya koleksi di galeri seni Kanwil Kemenkumham Jatim itu akan diperbarui setiap tiga bulan.

"Agar semua hasil karya WBP di Lapas/ Rutan bisa terakomodir, nanti kita buat bergiliran," tukasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter