Cak Ipin Ajak Ratusan Biker Touring dan Bersihkan Pantai Kili-kili

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Cak Ipin mengajak touring dan bersihkan Pantai Kili-Kili

jatimnow.com - Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin mengajak ratusan biker untuk touring dan membersihkan Pantai Kili-kili di Kecamatan Dongko, Sabtu (23/3/2019).

Dengan mengendarai motor Benelli Patagonian Eagle 250 yang sudah dimodofikasi menyerupai moge, Cak Ipin memimpin perjalanan ratusan biker ini. Sejumlah pejabat seperti Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo juga tampak mengikuti touring ini. Mereka bersama-sama menggunakan sepeda motor, menuju lokasi.

Kegiatan ini bukan sekedar touring bagi para penggemar motor, namun bagi Cak Ipin, touring ini juga menunjukkan kepedulian mereka terhadap kelestarian lingkungan. Selama ini para penggemar motor menghasilkan gas emisi saat menyalurkan hobinya.

Dalam kegiatan ini, peserta diminta untuk membayar kompensasi emisi. Besarnya, untuk setiap 50 cc volume silinder dikenakan kompensasi Rp 10.000.

"Uang yang terkumpul kita belikan bibit bambu, pohon ini dipilih karena bisa menyerap air hujan dan mengurangi resiko banjir," ujarnya.

Setelah melakukan kegiatan bersih pantai, Cak Ipin bersama peserta touring melakukan dialog dengan pegiat konservasi penyu di Pantai Kili-kili. Banyaknya sampah plastik yang masuk ke laut dari sungai menjadi bahasan tersendiri. Kondisi ini sangat membahayakan bagi tukik yang baru menetas.

"Sampah plastik menjadi musuh bagi kita bersama," imbuhnya.

Dalam dialog ini, Cak Ipin juga menyerahkan hasil pengumpulan donasi kepada pengelola konservasi penyu. Sebelumnya Cak Ipin melakukan pengumpulan donasi untuk konservasi penyu di Taman Kili-kili, melalui kitabisa.com.

Selama 100 hari penggalangan terkumpul hampir Rp 10 juta. Hasil penggalangan ini diserahkan langsung ke pengelola Taman Kili-kili. Para peserta touring juga ikut melepaskan tukik ke lautan. Mereka bisa menjadi orang tua tukik, dengan membayar Rp 50.000 per tukik.

"Yang jelas ini bukan kegiatan terakhir, nanti kita akan gelar touring lagi," pungkasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter