Belajar ke Bang Jarwo di Dolly, Bule ini Jual Tempe di Bulgaria

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Arif Ardianto

Kiril Georgiev saat belajar membuat tempe bersama Jarwo Susanto

jatimnow.com - Tempe 'Bang Jarwo' cukup dikenal. Bahkan, beberapa warga asing menimba ilmu cara pembuatan tempe ke Jarwo Susanto yang tinggal di lingkungan eks lokalisasi Dolly,

Kiril Georgiev, salah satunya. Warga Negara Bulgaria ini menyempatkan diri mengunjungi kampung sempit di Kupang Gunung Tembusan 2/6, Surabaya hanya untuk melihat dan belajar pembuatan tempe 'Bang Jarwo'.

Datang bersama istrinya, Esther Tunova Georgieva, Kiril melihat dengan seksama cara Jarwo membuat tempe. Kepada Jarwo, Kiril mengaku belajar membuat tempe untuk dijual lagi di Bulgaria.

"Katanya dia mau produksi untuk dijual di sana (Bulgaria)," ujar jarwo kepada jatimnow.com, Senin (25/3/2019).

Jarwo menambahkan, berdasar hasil komunikasinya dengan Kiril, tempe hasil produksinya dijual di Bulgaria dengan harga 1,5 Euro atau sekitar Rp 30 ribu. Sedangkan Jarwo  menjual dengan harga Rp 2 ribu perpotongnya.

"Mahal di sana harga tempe. Kalau di sini murah," kata Jarwo tersenyum.



Menurut Jarwo, Kiril sangat antusias dan mencatat semua proses proses pembuatan.

"Sampai waktu (peragian) pun dicatat, katanya nggak boleh lebih dan berkurang. Suhu juga diukur," jelasnya.

Jarwo mengaku bangga sekaligus senang bahwa warga Surabaya dapat menularkan ilmu kepada warga negara asing dan berkunjung ke kampungnya.

Baca juga: 

"Seneng ya. Kita dihargai dan bule itu mau masuk ke kampung sempit di Surabaya," jelasnya.

Usaha pembuatan tempe milik Jarwo sendiri bermula saat penutupan lokalisasi Dolly yang digagas oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada 2014 silam.

Jarwo yang kala itu membuka usaha warung kopi di depan sebuah wisma menentang rencana penutupan dan bergabung dalam kelompok penolakan.

Pemkot Surabaya memang komitmen membelajari warga yang terdampak penutupan lokalisasi prostitusi Dolly. Dari kawasan yang sudah ramah anak inilah lahir aneka produk warga.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter