Survei CSIS: Jokowi-Ma'ruf 51,4 Persen, Prabowo-Sandi 33,3

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: LKBN Antara

Ilustrasi/jatimnow.com

jatimnow.com - Hasil survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di 34 Provinsi menyebutkan bahwa elektabilitas pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf unggul 18,1 persen dibandingkan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Peneliti CSIS Arya Fernandez mengatakan, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 51,4 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 33,3 persen.

"Lalu ada 14,1 persen responden tidak menjawab dan 1,2 persen belum menentukan pilihan," kata Arya saat memaparkan hasil survei CSIS di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Arya menambahkan, angka responden yang tidak menjawab dan belum menentukan pilihan masih besar. Menurut dia, mereka kemungkinan telah memiliki pilihan, tapi tidak terbuka pada pilihan politiknya.

Dijelaskan Arya, dalam survei CSIS itu juga melihat kemantapan pilihan masyarakat terhadap capres-cawapres karena merupakan faktor yang menentukan kemenangan adalah solid atau tidak.

"Sebanyak 83,2 persen responden sudah mantap terhadap pilihannya dan 16,8 persen masih berubah atau ragu-ragu," ujarnya.

Menurut Arya, tingkat kemantapan pilihan di pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma'ruf sebesar 84,4 persen dan 15,6 persen masih ragu-ragu. Sedangkan untuk kemantapan pilihan pada paslon Prabowo-Sandi sebesar 81,3 persen dan 18,7 persen masih mungkin berubah.

Tingkat kemantapan pilihan sudah melebihi 80 persen maka migrasi pemilih kemungkinan kecil terjadi di kalangan pemilih yang solid.

Survei CSIS itu dilakukan sejak 15-22 Maret 2019 dengan menggunakan metode "multistage random sampling" dengan jumlah responden sebanyak 1.960 orang di 34 provinsi. Margin of error sebesar 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter