270 Calon Perwira Latihan Integrasi Taruna Wreda 2019 di Trenggalek

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Para taruna memulai Latsitarda Nusantara di Trenggalek dengan kirab dan drum band

jatimnow.com - Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu daerah yang menjadi tempat Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39 di Jawa Timur, 1-12 April 2019. Sebanyak 270 taruna-taruni sudah datang ke Trenggalek, Senin (1/4/2019) sore.

270 taruna-taruni dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Polisi (Akpol) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta mahasiswa perwakilan beberapa perguruan tinggi di Jatim itu langsung mengikuti kirab menuju ke Pendopo Kabupaten.

Dalam kirab itu, mereka menampilkan drum band, sehingga menyedot perhatian masyarakat. Dengan antusias mereka menyaksikan para taruna-taruni yang akan membaktikan diri selama hampir dua pekan di Trenggalek.

Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto menuturkan, kegiatan Latsitarda ini setara dengan Kuliah Keja Nyata (KKN) di tingkat universitas. Para taruna-taruni akan mempraktekkan apa yang sudah dipelajari dalam kuliah untuk diterapkan di kehidupan masyarakat.

"Mereka akan melakukan kegiatan bersama masyarakat hingga tanggal 12 April," ungkap Dodik.

Menurut Dodik, peserta Latsitarda tersebut akan dibagi menjadi empat kelompok. Dua kelompok akan ditempatkan di Kecamatan Bendungan, sedangkan sisanya dibagi di Kecamatan Kampak dan Gandusari. Mereka akan melakukan sejumlah kegiatan terintegrasi dengan masyarakat mulai dari pembangunan fisik dan non fisik dan melaksanakan pengkajian atau penelitian sesuai dengan arahan tiap satuan.

"Ini juga melatih mereka sebelum siap terjun ke masyarakat langsung," tambahnya.

Latsitarda ke-39 tahun ini, menunjuk Jawa Timur sebagai tuan rumah. Selain Trenggalek, Latsitarda juga dilakukan di tiga kabupaten lain yaitu Jember, Bojonegoro dan Pamekasan.

Tujuan Latsitarda yaitu untuk memantapkan jiwa dan semangat integrasi antar para taruna dan komponen masyarakat dalam mengenal adat istiadat setempat.

"Kegiatan tahunan ini sekaligus sebagai wahana pembelajaran dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan akademik para taruna," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter