Usai Apel Pasukan, Identitas Hingga Senpi Polisi di Malang Diperiksa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Avirista Midaada

Anggota Propam Polres Malang memeriksa kelangkapan identitas anggota polisi usai apel pasukan

jatimnow.com - Ada yang berbeda dalam apel anggota di Mapolres Malang, Senin (8/4/2019). Setelah apel selesai, seluruh anggota polisi yang mengikuti apel tersebut diperiksa satu per satu oleh sejumlah anggota Propam.

Wakapolres Malang Kompol Yhogi Hadisetiawan mengatakan, pemeriksaan anggota oleh Propam itu memang sengaja tidak dipublikasikan terlebih dahulu atau dilakukan secara mendadak.

Pemeriksaan dilakukan mulai dari identitas anggota, senjata yang dibawa hingga kelengkapan atribut seragam yang dikenakan.

"Semacam sidak (inspeksi mendadak), untuk pengawasan internal di jajaran Polres Malang," ujar Yhogi.

Dalam pemeriksaan kali ini, seluruh anggota kepolisian diperiksa mulai dari identitas perorangan seperti KTP, SIM hingga Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian. Tidak hanya identitas, senjata api (senpi) yang dibawa anggota juga turut diperiksa.

"Pemeriksaan mulai kelengkapan administrasi kartu, senpi hingga bagaimana perawatan dan peruntukannya apakah sudah sesuai SOP yang berlaku," ungkapnya.

Menurut Yoghi, pengawasan senpi sangat penting, sebab banyak insiden penyalahgunaan senpi yang dilakukan anggota kepolisian di daerah yang berakibat melayangnya nyawa seseorang.

"Kalau yang tadi semua sudah sesuai prosedur. Tidak ada yang kita tindak. Ini akan terus dilakukan sebagai upaya pelaksanaan tugas yang profesional di Polres Malang," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter