Pengunggah Surat KPK Palsu di Blitar Divonis 6 Bulan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Mohammad Trijanto, pengunggah surat KPK palsu di Blitar divonis 6 bulan penjara

jatimnow.com - Terdakwa Mohammad Trijanto, pengunggah surat panggilan KPK palsu kepada sejumlah pejabat di Pemkab Blitar, divonis 6 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Blitar, Kamis (2/5/2019).

"Kalau JPU (Jaksa Penuntut Umum) tidak melakukan upaya banding, maka awal Juni (Trijanto) sudah bebas. Karena JPU tadi menyatakan pikir-pikir selama tujuh hari," ujar Penasehat Hukum Trijanto, Hendi Priyono.

Putusan ini jauh dari tuntutan JPU yaitu dua tahun penjara. Dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Mulyadi Aribowo itu, ruang sidang dipenuhi para pendukung Trijanto. Meski begitu, sidang berlangsung kondusif.

Hendi mengapresiasi putusan majelis hakim. Menurutnya, putusan majelis hakim dinilai adil bagi kliennya.

Baca juga:  Terdakwa Pengunggah Surat KPK Palsu di Blitar Minta Maaf kepada Bupati

"Kita menerima dan mengakui berdasarkan fakta-fakta persidangan, majelis berpendapat bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik," jelasnya.

Selain mengapresiasi putusan majelis hakim, Hendi juga 'angkat topi' terkait dasar pengambilan vonis oleh Hakim Ketua Mulyadi Aribowo. Sebab, hakim juga membacakan petikan ayat suci Al-Quran, Injil dan Hadits untuk mengambil keputusan.

"Kami juga mengapresiasi majelis hakim, karena kalau biasanya hakim mengambil keputusan hanya dengan Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana, kali ini hakim juga membacakan petikan dalam A-Quran, Injil dan Hadits dalam mengambil keputusan," tandas Hendi.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter