jatimnow.com
Sidak Takjil, Petugas Temukan Makanan Mengandung Zat Kimia

Petugas Dinkes Tulungagung melakukan sidak pada makanan dan minuman pedagang

jatimnow.com - Dinas Kesehatan Tulungagung menggelar sidak makanan dan minuman takjil yang biasa dijual di pinggir Jalan Mastrip, Kelurahan Jepun, Sabtu (11/5/2019).

Dalam sidak ini, petugas yang mengambil beberapa sampel makanan dan minuman yang dijual pedagang ditemukan mengandung zat berbahaya seperti Rhodamin B dan boraks.

Kasi Farmasi dan Perbekalan Dinas Kesehatan Tulungagung, Masduki mengatakan sidak dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman takjil yang dijual bebas dari kandungan zat berbahaya.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Kandungan zat berbahaya yang terdapat dalam makanan bisa terdeteksi," ujarnya.

Dari 22 sampel makanan dan minuman yang diperiksa, petugas menemukan beberapa diantaranya mengandung zat berbahaya.

Untuk makanan jenis kerupuk udang positif mengandung boraks, sedangkan makanan jenis kerupuk pasir dan minuman sirup positif mengandung zat Rhodamin B atau pewarna tekstil. Kedua jenis zat ini berbahaya jika dikonsumsi oleh masyarakat.

"Borax, Rodamin B serta formalin sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia," jelasnya.

Semua temuan dicatat dan dijadikan bahan evaluasi untuk para pedagang agar lebih selektif dalam memilih dan mengolah produk pangan yang dijajakan. Langkah preventif ini dilakukan secara rutin demi mencegah terjadinya kasus keracunan karena makanan takjil.

"Kesempatan ini kami gunakan juga untuk mengedukasi warga dan pedagang agar memilih makanan yang sehat dan higienis untuk dikonsumsi," pungkasnya.

Loading...

 

Berita Terkait