Terbakarnya Klenteng Tri Dharma, Pengurus: Umat Berharap Ada Berkah

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Kondisi Klenteng di Probolinggo habis terbakar

jatimnow.com - Pengurus Klenteng Tri Dharma Sumbernaga Probolinggo berharap ada berkah atas kebakaran yang menimpa tempat ibadah mereka.

Ketua Umum Tempat Peribadatan Tri Dharma (TTID) Sumbernaga Probolinggo, Adi Sutanto Saputro mengatakan terbakarnya klenteng merupakan suatu musibah dan umat diminta untuk bersabar.

"Keyakinan ada berkah pasti akan datang bagi seluruh umat yang ada disini," katanya, Minggu (19/5/2019).

Baca juga: 

Dengan adanya peristiwa ini, banyak umat dari daerah lain berdatang ke tempat klenteng Tri Dharma Probolinggo sebagai wujud rasa prihatin dari mereka.

"Buktinya sampai saat ini banyak yang berdatangan untuk melihat keadaan tempat ibadah ini," ujarnya.

Direncanakan, pihak pengurus TITD Sumbernaga Probolinggo akan segera melakukan renovasi kembali klenteng tersebut seperti wujud aslinya.

"Semua biaya untuk renovasi ini kurang lebih sekitar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar. Kami akan koordinasikan dengan para pengurus dan umat disini," ujarnya.

Untuk bangunan yang masih dinilai kokoh dari tiga gedung tersebut, terlihat hanya temboknya yang dapat digunakan kembali. Sedangkan untuk kayu dan atribut lainnya tidak bisa dipakai karena hangus terbakar.

"Jadi yang perlu diganti kontruksi bangunan klenteng mayoritas bahan kayunya," imbuhnya.

Ia melanjutkan, untuk umat yang aktif beribadah di klenteng Tri Dharma Sumbernaga di Probolinggo jumlahnya mencapai kurang lebih 400 orang.

"Memang klenteng ini merupakan bangunan klenteng tua dan berusia kurang lebih 153 tahunan jadi jamaahnya banyak," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter