Dishub Cek Kesehatan Sopir Bus Mudik Lebaran 2019 di Mojokerto

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Para sopir bus menjalani cek kesehatan dan tes urine di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto

jatimnow.com - Sejumlah sopir bus yang melintas di Terminal Kertajaya, Kota Mojokerto diperiksa kesehatannya, Jumat (31/5/2019). Selain itu, para sopir juga dites urine.

Cek kesehatan dan tes urine bagi para sopir bus angkutan Mudik Lebaran 2019 itu dilakukan Polres Mojokerto Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim serta BNN Kota Mojokerto. Semua sopir bus yang masuk di Terminal Kertajaya tak ada yang luput dari pengecekan itu.

Salah satu sopir bus jurusan Surabaya-Yogyakarta, Teguh Sujarwanto (34) mengatakan, tes yang ia jalani seperti tekanan darah, gula darah, kesehatan dan tes urine.

"Kalau mengemudi, saya pribadi ya istirahat yang cukup, makan dan minum vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan. Jika ada sopir yang capek atau lelah, telepon kantor lebih dulu, nanti keputusan dari kantor bus akan ditaruh di terminal mana, demi keselamatan penumpang," kata Teguh.

Kepala UPT LLAJ Mojokerto Dishub Provinsi Jatim, Emmy Retnowati menjelaskan, para sopir bus antar kota antar propinsi (AKAP) dan antar kota dalam propinsi (AKDP) yang di cek kesehatan dan tes urine dengan jarak jauh seperti Surabaya-Yogyakarta.

"Jadi dengan demikian, para pengemudi merasa aman di perjalanan, selamat hingga di tujuan. Alhamdulillah tadi pemeriksaan tidak ada sopir yang terindikasi memakai narkoba, namun sebagian besar mengalami tensi darah tinggi," tandas Emmy.

Emmy menambahkan, untuk semua sopir yang merasa lelah, dianjurkan beristirahat dan penumpang dioper ke bus lain.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter