30 Bungkus Bubuk Mesiu Diamankan dari Seorang Pria di Banyuwangi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

AS pembuat petasan ditangkap Polres Banyuwangi

jatimnow.com - Seorang pria berinisial AS, (46) warga Dusun Padang Baru, Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi dibekuk polisi karena menyimpan bahan peledak seberat 3 kilogram.

Wakapolres Banyuwangi, Kompol Andi Yudha Pranata mengatakan jika AS diduga akan menggunakan bahan peledak berupa bubuk mesiu yang akan digunakan sebagai petasan.

"Kita mengamankan 30 bungkus bubuk mesiu. Pengemasannya kecil-kecil sebesar 100 gram," katanya di Mapolres Banyuwangi, Jumat (31/5/2019).

Untuk mengelabuhi petugas, AS menyimpan bubuk mesiu dan sumbunya di dalam kaleng cat. Setelah itu, dibungkus lagi dengan kardus dan dilapisi karung glangsing plastik.

"Mungkin harapannya supaya orang-orang tidak tahu," ujarnya.

Meskipun bubuk mesiu dikategorikan dalam bahan peledak low explosive. Namun, jika bubuk-bubuk mesiu kemasan 100 gram tersebut dijadikan satu dapat meledakkan sebuah rumah.

"Daya ledaknya walaupun masuk low explosive tapi kalau dijadikan satu, potensinya juga cukup membahayakan. Bisa meledakkan rumah," ujarnya.

Pelaku terancam dengan pasal 1 ayat 3 Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter