Mudik 2019

Ini Skenario Urai Penumpukan Penumpang di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Suasana penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

jatimnow.com - PT ASDP memiliki skenario untuk mengurai penumpukan penumpang di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk saat arus mudik 2019.

GM ASDP Indonesia Ferry Ketapang, Fahmi Alweni mengatakan, skenario baru itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus mudik dari Bali, yakni dengan memberangkatkan kapal kosong dari Ketapang menuju Gilimanuk.

Skenario ini diharapkan mampu mengurai penumpukan kendaraan khususnya roda dua di pelabuhan Gilimanuk Bali. Dengan catatan jumlah penumpang dari Pelabuhan Ketapang dalam kondisi normal.

"Skenario ini agar tidak terjadi penumpukan kendaraan bermotor di dua pelabuhan (Ketapang dan Gilimanuk)," ujarnya, Selasa (4/6/2019).

Selain skenario baru, PT ASDP juga menambah satu armada kapal untuk mengatasi lonjakan penumpang selama arus mudik.

KMP Derajat Paciran yang memiliki daya tampung lebih besar dari kapal yang beroperasi sehari-hari di Ketapang-Gilimanuk diterjunkan.

"Kapal ini akan membantu mengurai antrian kendaraan bermotor yang pada puncak arus mudik maupun arus balik," katanya.

Sementara itu, data manifes penumpang di pelabuhan Gilimanuk hingga H-3 tercatat sebanyak 77.217 orang pejalan kaki, roda dua sebesar 16.090, dan roda empat sejumlah 8.434 kendaraan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Pusat, Christin Hutabarak mengatakan, akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa penyeberangan.

"Terkait arus mudik dan balik terus kami tingkatkan baik terkait fasilitas maupun sarana prasarana di pelabuhan. Agar pemudik yang menyeberang tidak hanya melakukan perjalanan saja, tapi bagaimana mereka bisa tersenyum dengan kenyamanan yang didapatkan selama penyeberangan," jelasnya.



jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter