Kapolrestabes Ajak Kalangan Mahasiswa Cegah Ekstrimisme

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Kapolrestabes bersama perwakilan Unusa

jatimnow.com - Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengajak mahasiswa untuk mencegah millenarianisme, fundamentalisme dan radikalisme dalam ekstrimisme beragama di Kampus Unusa, Surabaya, Jum'at (13/4/2018).

Kombes Pol Rudi memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang ekstrimisme beragama, bahwa NKRI adalah milik semua umat beragama bukan milik satu umat saja. Sebab Indonesia memiliki suku dan agama yang bermacam-macam.

"Itu tidak boleh dikembangkan, jadi harus dilawan agar radikalisme dan terorisme di Indonesia terutama Surabaya tidak ada. Jadi kita semua sudah sepakat menyampaikan sinyal damai dari Surabaya untuk Indonesia," ujar Rudi.

Rudi menegaskan, bahwa perlakuan seperti itu tidak dibenarkan. Itu bisa terjadi dimana saja, bisa dari agama apa saja. Bahwa mereka salah memahamkan suatu ajaran. Dan harus mencari sumber yang benar serta guru yang tepat, tidak mengembangkan ekstremisme seperti itu.

"Saya berharap apa yang kami sampaikan bisa mencegah bagi mahasiswa dimanapun. Saya jamin bahwa mahasiswa disini semua setuju dan akan mengirimkan sinyal damai di Surabaya," tuturnya.

Selain itu Wakil Rektor I Unusa Kacung Marijan mengatakan, bahwa ajaran-ajaran agama yang diajarkan kepada mahasiswa sudah berjalan sesuai dengan ajaran yang benar dan tidak ada mahasiswa yang radikal.

"Sejauh ini alhamdulillah tidak ada di kampus ini, kita akan melakukan pembinaan dan konfirmasi apabila ada yang seperti itu. Kita carikan solusi, bahkan menemui orang tuanya juga. Para pengajar agama punya tugas khusus memantau perilaku yang sekiranya menyimpang untuk mahasiswa," tutup Kacung.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter