Disambut Hiu Tutul, Peserta Tradisi Praonan di Pasuruan Heboh

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Kehebohan warga peserta Tradisi Praonan di Pasuruan saat Hiu Tutul menampakkan diri di laut lepas

jatimnow.com - Ribuan warga Pasuruan mengikuti Tradisi Praonan (naik perahu) yang digelar setiap tahun pada H+7 Lebaran Idul Fitri. Dari atas perahu, para warga disambut dan dihibur dengan munculnya ikan raksasa yaitu Hiu Tutul.

Tradisi itu digelar warga di perairan laut Pasuruan, Rabu (12/6/2019). Salah satu warga, Mahfud (42) yang saat itu menaiki perahu bersama anak dan istrinya melalui Pelabuhan Kota Pasuruan mengaku takjub dengan fenomena munculnya Hiu Tutul tersebut.

"Sangat senang, anak dan istri saya sampai heboh melihat Hiu Tutul. Maklum rumah kami jauh dari laut," kata warga Desa Karangjati, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan ini.

Sama halnya dengan Putri Vela Imania (20), warga Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Baginya, tradisi yang berlangsung setahun sekali ini wajib untuk diikuti.

"Hiunya sangat besar sekali dan jinak," ucapnya.

Tradisi Paronan ini tidak hanya dirayanakan di Pelabuhan Kota Pasuruan. Di wilayah pesisir Pasuruan lainnya seperti di Kecamatan Kraton, Lekok dan Nguling Kabupaten Pasuruan juga merayakan tradisi setahun sekali tersebut.

Tradisi ini dimulai dengan menumpang perahu lalu berkeliling di perairan laut Pasuruan. Meski terkesan biasa, nyatanya tradisi ini menyedot antusiasme ribuan warga.

"Untuk setiap penumpang, kami mematok tarif Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 Ribu untuk anak-anak," jelas Subhan (34), salah satu nelayan yang menyewakan perahunya saat perayaan Tradisi Praonan tersebut.

Sementara, Hiu-hiu Tutul tersebut memang sering muncul di perairan Pasuruan. Namun waktu dan tempatnya tidak tentu dan tidak bisa ditentukan. Sehingga kemunculan Hiu Tutul pada saat mengikuti Tradisi Praonan, menjadi kejutan dan keseruan tersendiri.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter