'Istana Negara' & 'Next Level' Antar Polres Gresik Borong Penghargaan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menerima penghargaan dari Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Heri Wahono di Mapolda Jatim

jatimnow.com - Kreativitas polres di Jawa Timur membuat pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) Operasi Ketupat Semeru 2019 ternyata dilombakan dan dinilai oleh Polda Jatim. Polres Gresik memborong tiga penghargaan atas kreativitasnya membuat pospam dan posyan tersebut.

Penghargaan itu diberikan Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono di Mapolda Jatim, Kamis (13/6/2019). Tiga penghargaan untuk Polres Gresik diterima Kasatlantas AKP Wikha Ardilestanto.

Menurut Wikha, Polres Gresik menyabet juara pertama lomba pospam untuk Polres Tipe A, juara pertama lomba posyan untuk Polres Tipe A serta juara umum untuk pospam.

"Alhamdulillah, ini berkat dukungan dan ide Pak Kapolres (Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro) serta kerja keras semua anggota di Polres Gresik," kata Wikha kepada jatimnow.com.

Pos Pengamanan berbentuk Istana Negera milik Polres Gresik Pos Pengamanan berbentuk Istana Negera milik Polres Gresik

Sekedar diketahui, Polres Gresik membentuk pospam seperti istana negara yang berdiri megah di kawasan Gresik Kota Baru, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas.

Pospam tersebut, mulai dari pilar, jendela hingga pintu dibuat sangat mirip dengan aslinya (istana negara). Begitu pula di bagian dalamnya, berjajar 4 buah kursi khas istana negara, bendera merah putih dan peta indonesia serta foto presiden mulai dari presiden soekarno hingga joko widodo.

Fasilitas pun lengkap, mulai dari command center, aplikasi go sigap, musala, toilet, meeting room, ruang kesehatan hingga ruang istirahat. Pospam ini untuk menarik minat masyarakat karena dibuat dengan kreatif dan edukatif.

Sedangkan posyan yang mengantarkan Polres Gresik menyabet juara pertama yaitu Posyan Next Level. Di posyan ini, terdapat ruang portabel dengan sejumlah alat untuk menyamankan diri seperti alat pijat, tempat berbaring serta makana dan minuman.

Pos Pelayanan Next Level milik Polres Gresik Pos Pelayanan Next Level milik Polres Gresik

Posyan itu berdiri di SPBU Tebaloan, Duduksampeyan, Gresik. Posyan ini terdiri dari lima bangunan besar dengan konsep rumah adat sejumlah daerah di Indonesia, mulai dari rumah joglo, Traffic Management Centre pada bangunan adat Bugis, Graha Zebra Cendekia di bangunan rumah Gadang. Kemudian, Rumah Banjar untuk medis serta Rumah Hunai (rumah adat Papua) menjadi rest area.

Selain itu ada fasilitas kursi pijat dan sejumlah fasilitas bagi pengendara untuk melepas penat. Bahkan ada miniatur Monas, bengkel dan kafe gratis.

Pospam dan posyan yang saat ini sudah dibongkar karena Operasi Ketupat Semeru 2019 sudah berakhir tersebutlah yang mengantarkan Polres Gresik memborong penghargaan dari Polda Jatim.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter