Program Anak Sapi Kembar di Pasuruan Buahkan Hasil

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Moch Rois

Sapi beranak kembar di Pasuruan

jatimnow.com - Program anak sapi kembar yang digalakkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Pasuruan menuai hasil. Dua pasang sapi kembar berhasil dilahirkan.

Ada 4 Sapi unik yang namanya diresmikan Menteri Amran di Loka Penelitian Sapi Potong Kementrian Pertanian di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jum'at (28/6/2019).

2 ekor anak sapi kembar berumur 6  hari dari indukan sapi Peranakan Ongole (PO) diberi nama Nara berbobot 16 Kg dan Indra berbobot 20 Kg.

Sedangkan 2 anak sapi belgian blue, dari proses kawin inseminasi buatan (IB) indukan sapi PO, diberi nama Bimasakti yang berumur 4 hari dengan bobot 35 Kg dan Pobb berumur 3 bulan berbobot 143 Kg.

"Program indukan sapi kembar ini kita mulai 2 bulan lalu di Cipelak, kalau bisa anak sapi itu kembar, untuk kesejahteraan petani. Dan alhamdulillah sudah berjalan baik. Tapi yang terpenting adalah, kita mengembangkan sapi unggul seperti sapi Belgian Blue, Brahma, Ongole, yang bobotnya mencapai 1 ton lebih," jelas Amran.

Sementara itu, Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Pasuruan, Diki Pamungkas mengatakan, jika saat ini ada 5 ekor indukan PO yang mengandung sapi kembar. Untuk sapi PO yang mengandung anak sapi belgian blue ada 7 ekor.

"Kita sudah menyiapkan puluhan indukan yang siap mengandung sapi kembar dan sapi belgian blue," ucap Diki.

Mentri Amran mengungkapakan, untuk mencukupi kebutuhan nasional, saat ini pemerintah mengimpor seberat 400-600 ton daging sapi pertahun.

"Moga-moga ada (pertambahan) sapi sekitar 1 jutaan, InsyaAlah import tahun depan pasti berkurang," tegas Mentri Amran.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter