jatimnow.com

Suhu di Gunung Ijen Capai 4 Derajat Celsius, BBKSDA: Bisa Turun Lagi

Editor : Arif Ardianto Reporter : Hafiluddin Ahmad
Wisatawan saat menikmati pemandangan Kawah Ijen 🔍
Wisatawan saat menikmati pemandangan Kawah Ijen

jatimnow.com - Suhu di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen yang ada di perbatasan Banyuwangi-Bondowoso turun menjadi 4 derajat celsius. Kondisi ini diprediksi lebih ekstrim menjadi 2 derajat celcius.

Turunnya suhu kawasan Gunung Ijen ini dibenarkan oleh Kepala Resor TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo. Bahkan, sejak sepekan terakhir suhu rata-rata dibawah angka 10 derajat celsius.

Hawa dingin ini diprediksi dapat turun hingga 0 derajat celsius. Kondisi dingin ini, kata dia, terjadi pada rentang waktu pukul 12.00 hingga 06.00 Wib.

"Puncaknya sekitar pukul 03.00 Wib sampai 04.00 Wib. Itu suhu terendah saat ini. Untuk sementara sampai 4 derajat celsius. Bisa jadi nanti menjadi 0 derajat," ujarnya.

Loading...

Suhu dingin yang telah berlangsung sekitar sepekan terakhir ini terjadi di musim kemarau tahun ini. Untungnya, kata dia, masih ada hujan di sekitar area Kecamatan Licin. Sehingga tidak ada kejadian yang disebutnya frost.

"Hujan membawa hawa hangat ke atas, sehingga tidak sampai ada frost atau membeku. Wilayah Banyuwangi dan Bondowoso tidak ditemukan frost sampai saat ini," tambahnya.

Sigit memprediksi suhu di kawasan Gunung Ijen akan turun dalam dua hari kedepan. Dia pun mengimbau kepada wisatawan untuk membawa perlengkapan penghangat tubuh. Karena dinginnya dapat menembus tulang.

"Utamanya di ketinggian 1800 meter akan naik," jelasnya.

Loading...