KLB Hepatitis A di Pacitan, 877 Orang Terjangkit

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Ilustrasi/ jatimnow.com

jatimnow.com - Penderita hepatitis A di Kabupaten Pacitan bertambah mencapai 877 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr Eko Budiono membenarkan penambahan penderita penyakit kuning tersebut.

"Hari ini bertambah lagi pasiennya. Kemarin 824 orang, sekarang 877 orang terkena Hepatitis A," katanya, Sabtu (29/6/2019).

Menurutnya, penderita saat ini yang bertambah ada di Puskesmas Arjosari dan Puskesma Sudimoro. Untuk Arjosari sebelumnya 11 penderita, sekarang sudah 34 orang terkena Hepatitis A. Sedangkan di Sudimoro tercatat ada 493 penderita dari sebelumnya 481 pasien.

Ia merinci, di Puskesmas Sudimoro ada 493 orang, Puskesmas Sukorejo tercatat 78 orang, Puskesmas Ngadirojo ada 149, Puskesmas Wonokarto ada 38 orang.

Di Puskesmas Tulakan 62 orang, Puskesmas Bubakan ada 19 orang, Puskesmas Arjosari ada 33 orang, Puskesmas Tegalombo 4 orang dan Puskesmas Ketrowonojoyo ada 1.

Dari 877 warga terkena Hepatitis A tidak semua dirawat. Ada yang telah dinyatakan sembuh dan ada pula yang masih teridentikasi.

"Yang pernah dirawat ada 309 orang. Itu tersebar di beberapa puskesmas. Saat ini sudah ada yang balik. Tapi ada juga yang nambah," ujarnya.

Ia menyarankan bagi yang belum terkena hepatitis A untuk tetap menjaga kondisi tubuh dan menjaga pola makan.

"Hepatitis A itu bukan penyakit mematikan. Tapi ya cepat menyebar. Hidup lebih sehat dan makan makanan yang bergizi," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter