Meriahnya Gerak Jalan Berhadiah Kambing di Trenggalek

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Long March Napak Tilas Rute Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman

jatimnow.com - Sebanyak 300 peserta mengikuti lomba gerak jalan Long March Napak Tilas Rute Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang digelar Polres Trenggalek, Sabtu (6/7/2019).

Jumlah peserta ini terdiri dari 20 beregu dan 78 perseorangan. Lomba gerak jalan ini digelar untuk memperingati Hari Bhayangkara ke 73. Berbeda dengan lomba pada umumnya, panitia menyiapkan hadiah berupa 10 ekor kambing untuk kategori perseorangan dan beregu.

Baca juga: Gerak Jalan Berhadiah Kambing, Hanya di Trenggalek

Wakapolres Trenggalek, Kompol Agung Setyono menjelaskan kegiatan longmarch tersebut sengaja digelar untuk mengenang kembali perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman saat melakukan perang gerilya dimana salah satu rutenya adalah melintasi wilayah Kabupaten Trenggalek.

Rute yang dilewati adalah jalan Soekarno-Hatta, Jalan Raya Karangan, melintasi jalan raya Kecamatan Suruh, Dongko dan finish di rumah persinggahan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang berada di Desa Bodag Kecamatan Panggul.

"Menggelorakan semangat kejuangan dan patriotisme seperti halnya yang pernah dilakukan oleh Panglima Sudirman. Perjuangan kita hari ini mungkin tak sama, tetapi semangat nasionalisme dan kecintaan kita kepada tanah air harus tetap ada di tiap-tiap sanubari kita sebagai generasi penerus," ujarnya.

Ia memaparkan, para peserta baik beregu maupun perorangan menempuh rute sejauh 58,5 kilometer melintasi beberapa kecamatan dan kawasan hutan. Oleh sebab itu pihaknya mengingatkan agar para peserta menjaga lingkungan alam sekitar disepanjang jalan yang dilewati.

"Mari bersama-sama menjaga alam. Jangan membuang sampah ataupun puntung rokok sembarangan di sepanjang rute dan jaga keselamatan dijalan," ujarnya.

Para peserta yang turut berpartisipasi nampak sangat antusias dan bersemangat. Di sepanjang jalan menuju finish, beberapa peserta berjalan kaki sembari menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Selain membangun semangat kebersamaan, gerak jalan ini juga bisa membangkitkan semangat untuk bersama membangun bangsa.

"Tidak hanya itu mereka juga diharapkan meneladani sifat para pejuang yang telah gugur membela bangsa," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter