Satu Pelaku Tewas dalam Drama Penyergapan Komplotan Pencuri Mobil

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Mobil Datsun Go milik pelaku yang dipakai untuk menabrak polisi saat disergap

jatimnow.com - Satu pelaku komplotan pencuri mobil yang disergap Tim Unit Jatanras Polda Jatim di Pasuruan dinyatakan tewas setelah sempat mendapat perawatan Tim Dokter Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Surabaya, Senin (8/7/2019) dinihari.

Sedangkan satu pelaku lain yang juga tertembak saat penyergapan tersebut nyawanya masih tertolong. Penyergapan komplotan pencuri mobil ini dilakukan Kasubdit Jatanras AKBP Leonard Sinambela dan timnya di areal persawahan Dusun Pelem, Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Minggu (7/7/2019) mulai sekitar pukul 17.30 Wib.

Menurut Leonard, penembakan terpaksa dilakukan terhadap kedua pelaku karena mereka menabrak anggota yang melakukan penghadangan mobil yang dibawa para pelaku. Para pelaku membawa mobil Datsun Go bernopol L 1307 YY. Mobil inilah yang kemudian terperosok ke dalam parit persawahan.

Baca juga:  Dor! Penyergapan Komplotan Pencuri Mobil Berlangsung Bak Film Action

"Mereka menabrak mobil kami dan menabrak anggota kami yang hendak melakukan penangkapan, hingga akhirnya dua di antara lima pelaku kabur ke persawahan dan terpaksa kami tembak karena mencoba kabur dan melawan," beber Leonard.

Alumnus AKPOL tahun 2000 ini menyatakan, setelah dua pelaku tertembak, keduanya langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Surabaya.

Namun, upaya tim medis memberikan pertolongan tidak berhasil. Salah satu tersangka tewas karena luka tembak.

"Nyawa salah satu pelaku tidak tertolong saat mendapatkan perawatan medis," jelasnya.

Leonard menyebut, setelah melakukan proses penangkapan yang melelahkan terhadap dua pelaku yang tertembak, Tim Jatanras Polda Jatim juga menangkap tiga orang lainnya, di antaranya satu perempuan beserta mobil Honda Mobilio.

Sedangkan mobil Datsun Go milik pelaku yang tercebur ke parit sawah sudah di derek dan dibawa ke Mapolda Jatim.

"Untuk lebih jelasnya, kami paparkan saat pres rilis nanti," pungkasnya.

Diketahui, komplotan ini merupakan komplotan pencuri spesialis roda empat atau mobil. Komplotan ini disergap Leonard dan timnya saat melakukan transaksi mobil hasil curian.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter