Suku Tengger Bromo Gelar Ritual Mendak Tirta Sambut Kasada

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Masyarakat Suku Tengger di lereng Gunung Bromo menggelar ritual Mendak Tirta

jatimnow.com - Masyarakat Suku Tengger di Lereng Gunung Bromo melakukan berbagai ritual untuk menyambut Ritual Yadya Kasada. Salah satu ritual yang mereka gelar yaitu Mendak Tirta.

Dalam ritual Mendak Tirto, masyarakat Suku Tengger menyucikan benda-benda untuk ritual tersebut di Pura Poten. Mereka mengambil empat sumber mata air dari bebagi penjuru di wilayah Tengger Bromo.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Probolinggo Bambang Suprapto mengatakan, kegiatan penyucian tersebut dikenal dengan mendak tirta.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian ritual menjelang upacara Yadya Kasada," kata Bambang, Senin (15/7/2019).

Baca juga:  Pertunjukan Seni di Lautan Pasir Bromo Sambut Kasada

Bambang menjelaskan, keempat sumber mata air yang di gunakan dalam penyucian yaitu sumber mata air Watuk Klosot Senduro Lumajang, Widodaren, Madakaripura Lumbang dan Rondo Kuning Ranupane Lumajang.

Dalam pengambilan sumber mata air tersebut, dilakukan oleh pandita dengan pembacaan mantera.

"Jadi tidak semua warga Tengger bisa mengambil air itu untuk penyucian," ungkapnya.

Menurut Bambang, setelah air dari keempat sumber sudah diperoleh, langsung di kumpulkan dalam satu tempat. Air itu langsung digunakan untuk menyucikan benda-benda peribadatan di Pura Poten.

Ritual Yadya Kasada akan digelar Kamis (18/7/2019). Masyarakat suku Tengger berharap diberikan keselamatan dan kesejahteraan di dalam kehidupan, termasuk kedamaian antar sesama.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter