jatimnow.com
Spanduk 'Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini' Ternyata Ampuh

Spanduk peringatan untuk pembuang sampah terpasang di Dusun Tani Nelayan, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo (foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemasangan spanduk bertuliskan 'Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini' di Dusun Tani Nelayan RT 01 RW 01, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, ternyata membuat para pembuang sampah ngawur menjadi jera.

"Efeknya sekarang tidak ada yang buang sampah di sana. Sebelum dipasang spanduk itu, masih ada orang yang buang sampah meskipun dijaga oleh warga sekitar dan perangkat desa," kata Kepala Dusun Tani Nelayan, Syafiul Anam saat ditemui jatimnow.com, Selasa (16/7/2019).

Baca juga:  

Kemungkinan besar, lanjut Anam, orang yang membuang sampah itu warga dari luar dari Dusun Tani Nelayan, Desa Pepe. Karena warga Desa Pepe, sudah ada petugas yang mengambil sampah setiap dua hari sekali dan dibayar dengan iuran.

Sisa-sisa sampah sebelum spanduk peringatan bagi pembuang sampah dipasangSisa-sisa sampah sebelum spanduk peringatan bagi pembuang sampah dipasang

"Dulu sebelum spanduk itu dipasang, ada orang yang ketangkap tangan membuang sampah, ternyata orang itu warga luar Desa Pepe," beber Anam.

Dari pantauan jatimnow.com, sampah yang dibuang di tanah kosong tersebut merupakan sampah rumah tangga seperti bekas masakan, popok, botol minuman dan lainnya.

"Perangkat desa dan warga sudah lelah membersihkan sampah-sampah yang dibuang di tempat itu. Kami sering kerja bakti, tapi hanya selang dua hari, sampahnya menumpuk lagi," ungkap Syafiul.

Loading...

Spanduk itu bertuliskan "Ya Allah... Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini..!!! Amin.!!!" itu dipasang sekitar pukul 21.00 Wib, Selasa (9/7/2019) lalu. Pemasangan dilakukan bersama perangkat desa, kader pecinta lingkungan Sedati, Polsek Sedati serta warga.

Berita Terkait