Buku DN Aidit Diamankan dari Alun-alun Kraksaan Probolinggo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Dua mahasiswa (kiri) diinterogasi setelah kedapatan membeber buku-buku DN Aidit di Alun-alun Kraksaan, Probolinggo

jatimnow.com - Empat buku Dipa Nusantara (DN) Aidit, tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI), diamankan polisi dan TNI dari dua mahasiswa di Alun-alun Kraksaan, Probolinggo.

Dua mahasiswa itu dibawa ke Mapolsek Kraksaan bersama empat buku yang dibebernya tersebut, sekitar pukul 21.00 Wib, Sabtu (27/7/2019). Dua mahasiswa itu diketahui berinisial MB (24) dan SA (25), keduanya warga asli Kabupaten Probolinggo.

Kapolsek Kraksaan Kompol Joko Yuwono membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, dua mahasiswa itu diamankan saat membuka lapak baca dan pinjam buku gratis di Alun-alun Kraksaan.

"Dari pemeriksaan sementara, kedua mahasiswa itu rutin melakukan aktivitas lapak baca di sekitar Alun-alun Kraksaan, setiap Sabtu malam," ujar Joko, Minggu (28/7/2019).

Joko menambahkan, dari lapak dua mahasiswa itu, disita buku dengan judul Aidit "Dua Wajah Dipa Nusantara"; Menempuh Djalan Rakjat D.N AIDIT; Sukarno Marxisme & Leninisme dan D.N Aidit "Sebuah Biografi Ringkas".

Dua mahasiswa tersebut masih terus diperiksa untuk mendalami dari mana keduanya mendapat buku-buku tentang pimpinan Partai Komunis Indonesia tersebut.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter