Hari Kemerdekaan ke-74 RI

Kostum Karnaval Bertema Pewayangan Paling Diminati di Tulungagung

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Kostum karnaval bertema pewayangan paling banyak diminati di Tulungagung

jatimnow.com - Bulan Agustus mendatangkan berkah tersendiri bagi penyedia jasa persewaan kostum karnaval di Kabupaten Tulungagung. Hampir setiap hari, kostum karnaval yang mereka koleksi, disewa.

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke 74 RI di Tulungagung, kostum fantasi dengan beragam tema dan mode, lebih banyak diminati dibanding kostum pakaian adat.

Salah satu penyedia jasa persewaan kostum Novita Indriasari mengatakan, saat ini jadwal persewaan sudah penuh hingga bulan September. Setiap hari rata-rata 15 kostum disewakan olehnya. Mereka yang menyewa mayoritas peserta karnaval baik tingkat sekolah, instansi maupun individu.

"Kostum fantasi dengan ragam hiasan saat ini lebih banyak diminati dibanding kostum pakaian adat daerah," jelas Novita, Kamis (8/8/2019).

Novita yang sudah menjalankan bisnis persewaan kostum karnaval selama dua tahun terakhir ini, menyewakan kostum mulai harga Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta untuk ukuran dewasa. Sedangkan untuk ukuran anak disewakan mulai Rp 250 ribu hingga Rp 600 ribu.

Novita membersihkan kostum-kostum karnaval koleksinyaNovita membersihkan kostum-kostum karnaval koleksinya

"Saya sering menonton festival dan karnaval di berbagai kota untuk melihat model kostum terbaru. Setelah dapat ide dan tema, kemudian mulai merancang kostum sendiri," tuturnya.

Pilihan kostum koleksi Novita memang beragam. Mulai dari tema bunga hingga pewayangan. Tema wayang menjadi paling banyak diminati karena tampak anggun dan indah saat dikenakan. Tingginya peminat kostum untuk karnaval ini membuat Novita kewalahan mengatur jadwal. Selain memenuhi permintaan dari dalam kota, kostum miliknya ini juga sering disewa oleh sejumlah instansi dari luar kota seperti Trenggalek, Blitar dan Kediri.

Banyaknya pilihan tema kostum ini membuat salah seorang penyewa, Aulia Leli Melinda, menjadi tertarik untuk menyewanya. Peserta karnaval tingkat Kabupaten ini memilih menyewa kostum dengan tema wayang Rama Sinta. Kostum ini memiliki berat hingga 25 Kg dan tinggi mencapai 2,5 meter. Meskipun berat, tapi Aulia memiliki trik sendiri agar tidak terjatuh saat mengenakan kostum ini.

"Selama keseimbangan terjaga, nanti akan lebih mudah," tambahnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter