Ekspor Kopi dan Olahan dari Jatim Capai 187,09 Juta Dollar AS

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Kadisperindag Jatim, Drajat Irawan saat meninjau stand peserta Festival Kopi Jatim 2019

jatimnow.com - Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ke 4 dunia. Kopi salah satu komoditi yang sangat penting dalam industri makanan-minuman di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

Indonesia dikenal sebagai produsen terbesar ke 4 kopi dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Data tahun 2017, dengan jumlah produksi kopi rata-rata mencapai lebih dari 600 ton per tahun.

Dari jumlah tersebut, Jawa Timur menyumbangkan produksi kopi mencapai 65,41 ribu ton atau berkontribusi sekitar 10 persen rata-rata produksi kopi secara nasional.

"Jawa Timur termasuk 5 provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia bersama Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, Sumatera Utara. Ada 5 kabupaten penghasil utama kopi di Jawa Timur yakni Malang, Banyuwangi, Jember, Bandowoso dan Blitar," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan kepada wartawan di sela acara Festival Kopi Jawa Timur 2019 di Grand City, Surabaya, Rabu (7/8) malam.

Ekspor kopi dan olahan kopi Jatim tahun 2018 mencapai 187,09 juta Dollar Amerika Serikat. Sebagian besar berupa biji kopi belum diolah sebesar 73,05 persen dan kopi instan 22,17 persen.

Sisanya berupa kopi bubuk, biji kopi panggang (roasted) dan minuman kopi lainnya. Negara utama tujuan ekspor kopi antara lain adalah Mesir, Jepang, Italia, Amerika Serikat dan Taiwan.

Sedangkan impor kopi dan olahan kopi pada tahun 2018 mencapai 90,35 juta dollar Amerika Serikat, sebagian besar berupa biji kopi belum diolah sebesar 49,86 persen berasal dari Vietnam, Brazil dan Papua Nugini.

"Neraca ekspor impor kopi Jawa Timur surplus," ujarnya.

Drajat menambahkan, Disperindag Jatim menggelar acara Festival Kopi Jawa Timur 2019 yang kedua kalinya. Tujuannya, untuk mempromosikan kopi dan industri kopi Jawa Timur.

"Festival ini lebih fokus kepada proses pengolahan kopi. Kita berharap, festival kopi kali ini mampu menghadirkan IKM kopi terbaik Jawa Timur, serta menyajikan berbagai hasil kreatifitas dalam membuat olahan kopi," terangnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter