Lapas Tulungagung Musnahkan Puluhan Hp dan Ribuan Pil Koplo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Pemusnahan hp dan pil koplo di Lapas Tulungagung

jatimnow.com - Lapas Klas 2b Tulungagung musnahkan puluhan handphone (Hp) dan ribuan butir pil koplo dengan cara dibakar, Sabtu (17/8/2019).

Handphone dan pil koplo ini merupakan hasil razia yang dilakukan sejak enam bulan terakhir. Pemusnahan ini dilakukan setelah pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan ke 74, Republik Indonesia.

Kepala Lapas Klas 2b Tulungagung, Erry Taruna menuturkan benda terlarang ini ditemukan saat petugas melakukan razia rutin. Benda tersebut disembunyikan oleh napi di sekitar kamar sel.

"Ini merupakan bukti bahwa kami tidak main-main dengan benda terlarang ini. Kami musnahkan langsung di depan pemiliknya," ujarnya.

Untuk pil koplo, Erry menjelaskan benda tersebut masuk ke lapas dengan cara dilempar dari luar. Sisi utara lapas berbatasan langsung dengan jalan raya sehingga pelaku bisa dengan leluasa melemparkan pil koplo ke arah lapas.

Sedangkan untuk handphone, Erry tidak menutup kemungkinan adanya petugas lapas yang terlibat. Namun hal ini masih belum bisa dibuktikan.

"Kita tidak menutup kemungkinan adanya penghianat di internal, ini kita masih lakukan penyelidikan," terangnya.

Untuk meminimalisir penggunaan handphone dalam lapas, petugas menyiapkan fasilitas wartel yang bisa digunakan oleh narapidana.

Selain itu petugas juga menyiapkan sanksi tegas kepada narapidana, yang terbukti membawa benda terlarang ke dalam lapas.

"Narapidana atau tahanan yang terbukti akan kita masukkan ke sel khusus," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter