Semarak Festival Jaranan di Trenggalek

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Kesenian Jaranan di Trenggalek

jatimnow.com - Puluhan grup dari berbagai kota di Jawa Timur, mengikuti Festival Jaranan Terbuka ke 24 yang digelar oleh Pemkab Trenggalek.

Festival ini merupakan salah satu rangkaian menyambut Hari Jadi ke 825 Trenggalek. Selain untuk umum, festival ini juga diikuti oleh grup kesenian jaranan pelajar. 

"Kita patut bersyukur di tengah serbuan globalisasi kesenian jaranan masih bisa eksis," kata Sekda Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto, Rabu (21/8).

Menurutnya, jaranan merupakan salah satu warisan kekayaan yang tidak ternilai harganya, sehingga wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya. Festival ini diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk mewujudkan slogan Trenggalek Meroket.

"Ini sesuai dengan harapan Bupati Trenggalek, event seperti ini diharapkan juga bisa menarik wisatawan untuk datang," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Agus Setyono menuturkan sebanyak 36 grup kesenian jaranan mengikuti festival ini. Mereka akan mengikuti kelas umum. Sedangkan untuk kelas pelajar terdapat 22 grup mulai dari tingkat SD hingga SMA.

"Nantinya akan dipilih untuk kategori penyaji terbaik, penata tari terbaik dan penata iringan terbaik," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter