Ini Bentuk Komitmen Pemkab Tulungagung dalam Pemberantasan Korupsi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Bupati Maryoto Birowo mengikuti pemaparan Staf KPK di Bus KPK dalam Road Show Bus KPK 2019 Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Tulungagung

jatimnow.com - Road Show Bus KPK 2019 Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi mendapat sambutan meriah di Kabupaten Tulungagung, Selasa (17/9/2019). Ribuan masyarakat dan pelajar mendatangi Bus KPK yang terparkir di halaman GOR Lembupeteng.

Mereka mendengarkan penjelasan para Staf Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait korupsi. Sejumlah instansi juga membuka ruang pelayanan publik, untuk memeriahkan Road Show Bus KPK tersebut.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menuturkan, event tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat. Mereka diharapkan mendapat penjelasan yang lebih detail lagi, terkait pencegahan korupsi yang dilakukan KPK. Menurutnya, hal itu perlu diberikan langsung terutama kepada para pelajar mulai tingkat SD hingga SMA.

"Untuk itu dalam kegiatan ini kami juga melibatkan pelajar agar mereka langsung mendapatkan edukasi," ujar Maryoto.

Road Show Bus KPK disambut meriah di Tulungagung Road Show Bus KPK disambut meriah di Tulungagung

Maryoto menambahkan, saat ini sudah muncul Peraturan Bupati (Perbup) No. 34 tahun 2019 tentang penguatan pendidikan antikorupsi di sekolah. Dengan perbup itu, pendidikan antikorupsi akan menjadi mata pelajaran di sekolah mulai jenjang SD hingga SMA. Rencananya, penerapan mata pelajaran itu akan mulai diterapkan semester depan.

"Saat ini yang kami persiapkan adalah gurunya terlebih dahulu, perbup ini merupakan bentuk komitmen pemkab terhadap pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Inovasi tersebut mendapatkan apresiasi dari Penasehat KPK, Muhammad Tsani Annafari. Menurutnya, sudah banyak kemajuan yang dilakukan Pemkab Tulungagung terkait pemberantasan korupsi. Salah satunya dengan munculnya perbup tentang pendidikan anti korupsi.

"Saya mendapat kabar bahwa LHKPN di Kabupaten Tulungagung sudah 100 persen, tidak banyak kabupaten yang melakukan hal tersebut," tambah Muhammad Tsani Annafari.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter