Donasi Warga Blitar untuk Ibu yang Dibacok Anak Kandungnya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Para pemuda menggalang donasi dari pengguna jalan untuk Sai'in, ibu yang dibacok anak kandungnya di Blitar

jatimnow.com - Sai'in (50), ibu yang dibacok Heri Susanto (30), anaknya sendiri, sudah berangsur pulih dan menjalani observasi di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Meski begitu, ada masalah baru yang terpaksa ia hadapi, yaitu biaya operasi dan perawatan.

Biaya itu menguras fikiran Sai'in dan keluargnya. Sebab sesuai aturan baru, BPJS tidak bisa menanggung biaya pengobatan bagi korban kejahatan. Kenyataan pahit Sai'in itulah yang kemudian mendorong berbagai lapisan masyarakat di Blitar, menggalang donasi untuk Sai'in.

"Karena BPJS tidak berlaku bagi (korban) kecelakaan dan penganiayaan, pemuda-pemudi Karangbendo menggalang dana," kata Kepala Desa Karangbendo, Nurkolis, Kamis (19/9/2019).

Nurkolis menjelaskan, bantuan kepada Sai'in juga mengalir dari para TKI. Sebab Sai'in tergolong sebagai warga kurang mampu. Ia juga mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Sai'in juga berstatus janda dengan tiga orang anak.

Baca juga:  

"Anak yang terakhir masih SD. Alhamdulillah, pemuda juga semangat menggalang dana untuk Bu Sai'in," tutur Nurkolis.

Anggota salah satu Grup Facebook memberikan donasi kepada Sai'in melalui keluarganya

Nurkolis menambahkan, kondisi kesehatan Sai'in terus membaik. Sai'in dikabarkan sudah bisa berkomunikasi dengan para pembesuk.

Tidak hanya itu, donasi untuk Sai'in juga mengalir dari berbagai komunitas di Blitar, salah satunya dari anggota Grup Facebook Cah Blitar Raya (CBR). Uang yang terkumpul dari patungan anggota kemudian diserahkan kepada keluarga Sai'in.

"Beliau (Sai'in) dijaga oleh kakak kandungnya. Sumbangan kami serahkan kepada keluarga yang membesuk di rumah sakit," tambah Ketua Komunitas CBR, April Heni.

Begitu pula dengan anggota Grup Facebook Info Cegatan Blitar. Grup Facebook dengan member terbanyak di Blitar ini juga mengunggah donasi untuk Sai'in.

Sai'in dirawat intensif di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, sejak Sabtu (14/9/2019) petang setelah dievakuasi warga warga Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, tempat tinggal Sai'in.

Ia dibacok Heri Susanto, anak pertamanya dengan gergaji tangan hingga mengalami luka disekujur tubuhnya. Heri sudah diamankan di Mapolsek Ponggok, tapi karena ia mengidap gangguan jiwa, maka ia dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lawang, Malang.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter