Pixel Codejatimnow.com

Komplotan Begal di Kota Blitar Diringkus, Dua Pelaku Ditembak

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : CF Glorian
Dua komplotan begal dan penadah diamankan di Mapolres Blitar Kota
Dua komplotan begal dan penadah diamankan di Mapolres Blitar Kota

jatimnow.com - Dua komplotan begal yang beraksi di Blitar Raya diringkus Satreskrim Polres Blitar Kota. Dari dua komplotan itu, dua pelaku di antaranya ditembak kakinya lantaran melawan saat ditangkap.

"Satu kelompok yang berhasil kami tangkap adalah kelompok Fauzi alias Jitul. Dari hasil pemeriksaan, kelompok ini sudah beraksi di sepuluh TKP di Blitar dan Kabupaten Kediri," kata Wakapolres Blitar Kota, Kompol Nurhalim, Selasa (24/9/2019).

Kelompok ini diburu setelah merampas motor yang dikendarai oleh Arya Yudha Pratama (14) di kawasan Desa Maliran, Kecamatan Ponggok. Bocah itu dipaksa berhenti, lalu motornya dirampas dan dibawa kabur para pelaku.

Fauzi alias Jitul (28), ditembak Tim Satreskrim Polres Blitar Kota saat bersembunyi di Banyuwangi setelah teridentifikasi membegal motor di samping Alfamart Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Jitul merupakan warga Karangbendo, Ponggok dan tercatat sebagai residivis dalam kasus yang sama.

Baca juga:
Pasutri di Probolinggo Dibegal saat Pulang Kulak Tempe, Korban Dikalungi Celurit

Dalam aksinya, Jitul berperan sebagai eksekutor bersama Sugeng (29), warga Candirejo, Ponggok yang sudah ditangkap terlebih dulu. Dari penangkapan kedua pentolan komplotan begal itu, Tim Satreskrim Polres Blitar Kota berhasil menangkap empat orang penadah.

Selain itu, dari tangan komplotan ini, penyidik juga menyita beberapa barang bukti berupa 4 unit motor dan kunci T yang dipakai untuk beraksi. Komplotan ini sudah dijebloskan ke tahanan Polres Blitar Kota.

Baca juga:
Aksi Begal Marak di Kota Malang, Polisi Identifikasi Para Terduga Pelaku

"Total ada dua komplotan yang berhasil kami tangkap dalam beberapa hari terakhir. Satunya lagi adalah komplotan Samsul Arifin yang biasa beraksi di wilayah Ponggok. Kami juga sedang mengembangkan untuk mencari pelaku lainnya," tutur Nurhalim.

Pelaku Samsul Arifin terlebih dahulu ditangkap dan ditembak kakinya. Untuk kelompok ini, Tim Satreskrim Polres Blitar Kota masih memburu anggota dari Samsul Arifin.