Gunung Raung Terbakar

Tim Sar Jemput 7 Pendaki Asal Singapura yang Selamat

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Jalur pendakian Gunung Raung yang masih terbakar di beberapa titik

jatimnow.com - Tim SAR gabungan berupaya mengevakuasi 13 orang pendaki yang 7 diantaranya Warga Negara Singapura yang terjebak di jalur pendakian Gunung Raung.

Evakuasi ini, dilaporkan berlangsung menegangkan. Sebab selain melalui jalur terjal, dalam proses evakuasi itu harus melewati jalur hutan yang masih terbakar di beberapa titik.

Baca juga: 

Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso mengatakan ke 13 pendaki yang terjebak itu terdiri dari 2 orang guide, 2 orang porter lokal Banyuwangi, dan 2 orang pendaki asal Jember. Adapun 7 orang lainnya merupakan pendaki berasal dari Singapura.

Identitas para guide, porter, dan pendaki yaitu Widi, Sam, Sinyo, dan Putri. Keempat orang itu asal Banyuwangi. Dua orang lainnya, yakni Lutfi asal Jember dan Jeremy asal Jakarta.

Sementara identitas ketujuh orang pendaki asal Singapura, yaitu Ng Hui Lin (23), Kom Jun Wei (25), Shervon Ong (24), Teo Yi Xian (24), Pang Jia Hui (25), Beh Ing Tsyr (23), dan Chua Ying Jie (27).

Dalam proses evakuasi ini, tim dibagi 2 SAR Unit (SRU) 1 dan SRU 2 yang merupakan tim SAR gabungan. Tim itu, lanjut Asnawi, berhasil bertemu 13 orang pendaki di camp (pos pendakian) 4 Gunung Raung sekitar pukul 02.36 Wib.

"SRU 1 dan 2 mendapati kondisi 13 orang pendaki tersebut sangat kelelahan setelah berupaya turun agar terhindar dari bahaya kebakaran," kata Asnawi, Sabtu (5/10/2019).

Karena itu, SRU 1 dan 2 memutuskan agar ke 13 pendaki itu beristirahat di pos 4 hingga kondisi mereka siap melanjutkan perjalanan turun.

Sekitar 1 jam kemudian, tim SAR gabungan kembali memberangkatkan 1 SRU lagi untuk membantu proses evakuasi 13 orang pendaki tersebut.

"SRU ketiga ini membawa tambahan makanan, minuman dan juga personel medis untuk memeriksa kondisi para pendaki," ujarnya.

Rencananya, SRU 3 akan bertemu dengan SRU 1 dan 2 serta 13 orang pendaki di pos 2 di koordinat 8° 12’ 13,6” S 114° 00’ 04 E.

"Saat dalam perjalanan menuju ke camp 2, SRU 3 menghadapi kendala berupa masih adanya beberapa titik api yang melalui jalur pendakian, sehingga SRU 3 berupaya mencari jalur alternatif menuju camp 2," ungkap Asnawi.

Meskipun menghadapi sejumlah hambatan, seperti jalur pendakian yang ekstrim dan masih terdapat titik kebakaran, tim SAR gabungan yang diantaranya terdiri dari tim Pos SAR Jember, 851 Rescue, Serdadu Alam, BPBD Banyuwangi, SAR OPA Jember dan warga sekitar, terus berupaya mencapai titik pertemuan.

"Dalam proses evakuasi para pendaki tersebut, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan SAR, diantaranya peralatan vertical rescue, APD (Alat Pelindung Diri), peralatan navigasi, dan peralatan medis," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter