Pakai Aplikasi ini, Urus Surat di Desa Tulungagung Cukup 1 Menit

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Waga mengurus surat di salah satu kantor desa Tulungagung

jatimnow.com - Aplikasi Sistem Informasi Desa Pintar digunakan untuk mempermudah pelayanan adminitrasi terkait kebutuhan surat keterangan telah digunakan oleh 30 desa di Tulungagung.

Jika biasanya masyarakat harus menunggu selama 15 menit, kini hanya memerlukan waktu 1 menit hingga surat keterangan yang dibutuhkan jadi melalui aplikasi ini.

Koordinator program Sistem Informasi Desa Pintar Tulungagung, Andi Mahifal menuturkan aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pemerintah desa, dalam melayani masyarakat.

Terdapat 43 jenis surat seperti surat keterangan tidak mampu, surat keterangan hilang hingga surat keterangan jalan yang bisa dilayani menggunakan sistem ini.

Petugas tinggal memasukkan nomor KTP pemohon dan memilih jenis surat yang dibutuhkan dan langsung bisa dicetak.

"Jika sebelumnya pelayanan seperti ini masih manual dan membutuhkan waktu lebih lama, ini hanya butuh waktu 1 menit saja," ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Selain untuk kebutuhan pelayanan surat, aplikasi ini juga menyediakan ragam informasi data terkait desa. Semua data seperti jumlah penduduk, tingkat pendidikan hingga luasan area sudah terinput dalam aplikasi tersebut.

Kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan lagi ke basis android, sehingga masyarakat bisa mengakses langsung dari rumah.
"Untuk sementara baru 30 desa di tiga kecamatan yang menggunakan aplikasi ini," ujarnya.

Salah satu desa yang menggunakan aplikasi ini adalah Desa Pucungkidul, Kecamatan Boyolangu. Kades Winarto, mengaku sangat terbantu dengan aplikasi tersebut.

Dalam sehari rata rata mereka bisa melayani hingga 20 pemohon. Jenis surat yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat seperti surat kehilangan dan surat keterangan tidak mampu.

"Dengan aplikasi ini lebih efesian sehingga warga tidak membuang waktu terlalu lama," katanya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter