Pemkab Siapkan Pelayanan Bagi Warga Trenggalek Korban Konflik Wamena

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Pemkab Trenggalek akan memberikan pelayanan khusus bagi warganya yang menjadi korban konflik Wamena

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek berencana mengumpulkan warganya, yang sudah berhasil dipulangkan dari Wamena, Papua. Total ada 55 warga Trenggalek yang berhasil dipulangan setelah difasilitasi.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, mereka akan dikumpulkan di pendopo kabupaten untuk diajak berdialog. Selain itu, pemkab juga akan memberikan pelayanan pengecekan kesehatan dan adminitrasi kependudukan. Mereka akan dikumpulkan minggu depan.

"Sudah ada delapan gelombang yang hadir. Semua sudah dilakukan pengecekan kesehatan, tinggal mungkin Minggu depan antara Rabu atau Kamis kita akan kumpulkan di pendopo. Nanti dijemput baik yang bapak-bapak atau ibu-ibu, kemudian yang usia sekolah juga kita hadirkan, kemudian kita identifikasi seperlunya, seperti apa nantinya," ujar Bupati Nur Arifin, Sabtu (19/10/2019).

Bupati Nur Arifin akan mengumpulkan warga Trenggalek korban konflik Wamena untuk diberikan pelayanan khusus Bupati Nur Arifin akan mengumpulkan warga Trenggalek korban konflik Wamena untuk diberikan pelayanan khusus

Pemkab juga akan berdialog dengan para pengungsi untuk mengetahui kebutuhan mereka. Layanan pendidikan akan ditawarkan anak-anak usia sekolah. Selain itu, para pengungsi diharapkan bisa menyampaikan apa saja kebutuhan mereka yang bisa dipenuhi oleh pemkab.

"Yang jelas kita periksa dulu kesehatannya, kemudian adminduk-nya seperti apa dan bantuan yang bisa kita berikan," paparnya.

Sebelumnya, Pemkab Trenggalek telah berupaya maksimal untuk memfasilitasi warganya yang mengungsi akibat konflik atau kerusuhan Wamena. Mulai penjemputan pengungsi di Bandara Nasional Juanda bagi mereka yang sudah mendapatkan tiket pesawat.

Bahkan Sekda Trenggalek Joko Irianto dan Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini Mochamad terbang langsung ke Jayapura untuk menemui para pengungsi asal Trenggalek di sana. Total pengungsi yang sudah dipulangkan ke Trenggalek sebanyak 55 orang.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter