Keseruan Siswa TK Mendengar Dongeng Semut dari Istri Bupati Trenggalek

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Novita, istri Bupati Trenggalek Nur Arifin mendongeng di depan para siswa TK

jatimnow.com - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini mendongeng di hadapan ratusan siswa TK, dalam peringatan milad ke 100 TK Aisyiyah. Para siswa ini mendengarkan dongeng kisah semut di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Selasa (22/10/2019).

Novita yang juga istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ini menyebut, kisah semut dalam dongeng itu mengandung pelajaran berbaik sangka dan cocok untuk diceritakan kepada para siswa.

Dalam dongeng itu dikisahkan sebuah semut sedang membeli roti di sebuah toko roti. Kemudian datang seekor laba-laba di toko yang sama. Laba-laba ini memakan roti di hadapannya dengan lahap. Satu persatu roti itu dimakan dan tinggal menyisakan satu potong roti.

Semut akhirnya dongkol melihat kejadian itu, karena melihat roti yang dibelinya dengan susah payah dimakan oleh laba-laba. Padahal untuk membeli roti itu, semut harus mengeluarkan uang dari tabungannya.

Novita, istri Bupati Nur Arifin menceritakan dongeng semut kepada para siswa TK Trenggalek Novita, istri Bupati Nur Arifin menceritakan dongeng semut kepada para siswa TK Trenggalek

Singkat cerita, di tengah kemarahannya terhadap laba-laba tersebut, tiba-tiba semut melihat kantong roti di sebuah meja. Ternyata roti miliknya masih utuh di atas meja, sedangkan roti yang dimakan oleh laba-laba tadi merupakan roti milik laba-laba sendiri. Semut salah sangka, dia merasa malu dan berdosa karena telah berprasangka buruk kepada laba-laba.

Setelah mendongeng, Novita menyampaikan bahwa siswa TK harus banyak mendapatkan cerita dongeng yang mengandung unsur pembelajaran positif. Seperti kisah semut yang didongengkannya, mengandung unsur berprasangka baik terhadap siapapun.

"Dongeng ini sangat inspriratif dan cocok bagi siswa TK, mereka harus mendapatkan kisah dongeng yang mengandung unsur positif," ujar Novita.

Kegiatan mendongeng ini bukan merupakan hal yang asing bagi Novita. Meskipun mempunyai banyak kesibukan sebagai istri bupati, tapi Novita selalu menyempatkan untuk mendongeng bagi putra putrinya. Selain memberikan pelajaran bagi anaknya, dengan mendongeng, kedekatan ibu dan anak akan semakin erat.

"Banyak dongeng dari dalam negeri yang bagus bagi anak, mengajarkan mereka tentang kejujuran, persahabatan atau keberanian," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter